shadow

Tantangan Pendidikan Di Arus Globalisasi

Globalisasi memang tak dapat dibendung lagi. Arus global yang benar – benar kuat membuat masyarakat dunia harus dapat beradaptasi dengan arus global yang hadir. Tentu saja globalisasi yang membuat antar negara di dunia berhubungan dan saling terkait memberikan masing – masing dampak juga turut memberikan banyak dampak bagi negara Indonesia baik dampak yang positif dan juga dampak yang negatif.

Tantangan Pendidikan Di Arus Globalisasi
Tantangan Pendidikan Di Arus Globalisasi

Globalisasi bahkan juga turut memberikan dampak bagi negara Indonesia pada bidang pendidikan. Tentu saja ini yang kemudian menjadikan tantangan seperti apa Indonesia membawa pendidikan supaya dapat memberikan kontribusi yang positif atas pendidikan Indonesia dengan segudang tantangan yang perlu dihadapi. Apa saja tantangan pendidikan di arus globalisasi yang mesti dihadapi oleh bangsa Indonesia?

Tantangan Pendidikan Di Arus Globalisasi 

Tantangan untuk meningkatkan nilai tambah

Tantangan ini yaitu seperti apa dalam rangka peningkatan produktivitas kerja nasional dan juga bagaimana tentang pertumbuhan serta pemerataan ekonomi sebagai upaya untuk dapat memelihara dan juga meningkatkan aspek pembangunan yang berkelanjutan.

Tantangan untuk melakukan riset secara komprehensif

Tantangan agar dapat melakukan riset secara komprehensif ini terjadi atas era reformasi dan juga pada era transformasi struktur masyarakat dari mulai masyarakat tradisional menuju agraris menuju pada masyarakat modern menuju industrial. Tentu ini yang menjadikan negeri harus tahu implikasi bagi peningkatan serta soal pengembangan kualitas kehidupan sumber daya manusianya. Untuk meningkatkan aspek ini tentu saja pendidikan bahkan sampai program yang jauh lebih baik dibandingkan tuntutan pendidikan dasar 12 tahun wajib dilakukan. Misalkan dengan mengikuti program pendidikan gelar sarjana dan pasca sarjana.

Tantangan persaingan yang semakin ketat

Tantangan dalam melakukan persaingan global yang semakin ketat yaitu dapat membantu meningkatkan daya saing bangsa dalam menghasilkan karya – karya kreatif yang juga berkualitas sebagai sebuah hasil pemikiran, penemuan dan juga penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi beserta seni.

Tantangan dalam memunculkan invasi baru

Tantangan untuk bisa terkait dengan IPTEK memang sangat penting. Dan memang salah satu tujuan Indonesia adalah menciptakan generasi penerus yang berwawasan global dan juga mahir dalam soal penguasaan IPTEK.

Tantangan menciptakan generasi penerus yang bersaing secara komprehensif

Tantangan lain yang juga turut diberikan oleh pendidikan di arus globalisasi yaitu untuk pendidikan Indonesia dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan juga berdaya saing pada bidang – bidang tertentu (yang menjadi pilihan pembelajaran) secara komprehensif dan komparatif serta berwawasan unggul, memiliki profesionalisme dalam bidang yang ditekuni dan berpandangan jauh ke depan. Karena memang tak dapat dipungkiri bahwa di era globalisasi seperti sekarang ini Indonesia sangat butuh generasi penerus bangsa yang sedemikian baiknya.

Semoga informasi diatas bermanfaat. Karena itu mari kita mengenyam pendidikan sebaik mungkin agar bisa berkontribusi untuk Indonesia di arus globalisasi. Semoga informasi  tentang Tantangan Pendidikan Di Arus Globalisasi bermanfaat. sumber : www.dosenpendidikan.com