shadow

Usaha Menghadapi Tantangan Pendidikan Di Era Global

Era globalisasi memang tak akan pernah dapat dibendung lagi. Pengaruhnya akan dirasakan bahkan untuk negara Indonesia dalam berbagai segi, termasuk juga dalam bidang pendidikan. Ini yang kemudian menjadikan Indonesia harus lebih aktif lagi dalam menghadapi tantangan pendidikan di era globalisasi mengingat memang akan ada banyak tantangan yang bakal dirasakan Indonesia di era globalisasi ini khususnya juga tentang tantangan pendidikan.

Usaha Menghadapi Tantangan Pendidikan Di Era Global
Usaha Menghadapi Tantangan Pendidikan Di Era Global

 

Usaha – usaha dalam menghadapi berbagai tantangan pendidikan mesti dilakukan agar Indonesia tidak menjadi negara yang tertinggal dan agar pendidikan Indonesia juga tidak terhimpit dalam berbagai macam segi. Lantas apa saja usaha menghadapi tantangan pendidikan yang berlaku di era global? Berikut beberapa informasi lengkapnya untuk Anda.

Usaha Menghadapi Tantangan Pendidikan Di Era Global

 

Mengembangkan pola studentoriented

Didalam rangka proses belajar mengajar nantinya guru perlu untuk mengembangkan pola studentoriented bagi para peserta didik sehingga nantinya akan terbentuk karakter yang mandiri, bertanggung jawab, inovatif, kreatif dan berpikir kritis bagi para peserta didik. Tentu saja hal ini akan sangat bermanfaat dalam usaha menghadapi tantangan pendidikan di era global yang sedang berkembang.

Guru harus paham makna pendidikan sebenarnya

Bagi para tenaga pendidik tentu saja sangat perlu untuk benar – benar memahami soal pendidikan dengan arti kata yang sesungguhnya. Seorang guru tidak boleh untuk mereduksi sebatas pengajaran belaka. Itu artinya dalam proses pembelajaran bagi peserta didik punya tujuan agar dapat membentuk kepribadian yang mendewasakan alam pikir peserta didik bukan hanya sekedar soal transfer of value dan juga skill. Serta juga harus menjadi pendidik yang bisa membentuk karakter building bagi siswa.

Pelatihan peningkatan motivasi belajar

Salah satu usaha dalam menghadapi tantangan pendidikan di era global adalah untuk melakukan pembinaan demi pembinaan serta latihan – latihan tentang aspek peningkatan motivasi belajar kepada para peserta didik sehingga nantinya anak akan punya minat belajar yang tinggi.

Menanamkan pola pendidikan processoriented 

Dalam usaha menghadapi tantangan pendidikan yang berkembang di era global, salah satu aspek pentingnya adalah guru harus menekankan proses belajar processoriented dimana proses jauh lebih penting dibandingkan hasil. Dan pendidikan yang berkembang juga sangat penting hukumnya untuk mengedepankan penguasaan ilmu pengetahuan bukan hanya sekedar prestasi hasil yang terukur dengan nilai saja.

Sistem belajar yang seimbang antara teori dan praktek

Sistem pembelajaran yang diterapkan pada sekolah kejuruan mungkin akan dapat diterapkan pada sekolah – sekolah umum. Yaitu dengan cara berupaya untuk menyeimbangkan antara teori bersama praktek dalam implementasi pendidikan yang dilakukan. Dengan begini nantinya peserta didik tidak akan mengalami titik jenuh berpikir dan akan siap ketika dituntut aplikasi ilmu di dunia kerja.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Usaha Menghadapi Tantangan Pendidikan Di Era Global. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi. referensi  https://www.sekolahbahasainggris.com/