shadow

Wisata Edukasi, Museum Pendidikan Nasional

Wisata Edukasi, Museum Pendidikan Nasional

Wisata Edukasi, Museum Pendidikan Nasional

 

Wisata Edukasi, Museum Pendidikan Nasional

Wisata Budaya merupakan tempat rekreasi yang tidak hanya untuk berwisata saja, tetapi dapat menambah wawasan para pengunjungnya. Dikemas secara menarik, dengan metode belajar sambil bermain, hal tersebut tentu saja akan menambah minat warga untuk mengunjunginya. Rekomendasi kali ini adalah Museum Pendidikan Nasional yang berlokasi di Jl. Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung, tepatnya berada di kawasan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Dilansir dari situsnya

Museum Pendidikan Nasional didirikan atas prakarsa Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata M.Pd, dan didukung oleh Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan, Lc. Tempat ini merupakan wahana pusat penelitian, serta sumber belajar dan pembelajaran, yang dapat meningkatkan kompetensi pendidik maupun wawasan pembelajar.

Museum Pendidikan Nasional merupakan wisata budaya di Jawa Barat dan Nasional

Museum ini menyajikan wahana bagi pengunjung untuk dengan beberapa konsep, diantaranya melihat koleksi (something to see), tetapi bisa melakukan sesuatu (something to do) dan berbagai pengalaman (something to share), serta membeli sesuatu yang dapat menjadi kenang-kenangan (something to buy).

Museum Pendidikan Nasional merekam jejak sejarah pendidikan nasional melalui upaya konservasi, edukasi dan riset serta rekreasi yang diberi temaLeading and Outstanding. Terdiri dari 5 lantai, Museum ini menyajikan ruangan audiovisual, diorama yangmenceritakan sejarah pendidikan mulai dari masa prasejarah, pendidikan klasik, pendidikan berbasis agama, dan pendidikan kolonial. Hal yang menarik lainnya adalah museum ini menampilkan seragam sekolah dari masa ke masa dan ijazah serta rapot, lengkap dengan diorama suasana kelas.

Museum Pendidikan Nasional

Tidak hanya itu, Museum Pendidikan Nasional memberikan pengalaman yang menarik karena para pengunjung dapat mencoba beberapa fasilitas yang disediakan. Diantaranya adalah pengunjung dapat duduk di bangku kelas yang berada pada suasana kelas Perguruan Tinggi Pendidikan Guru pada zaman dahulu. Selain itu, pengunjung dapat berfoto, menonton video,dan dapat bermain pada komputer interaktif.

Selain menyajikan edukasi sejarah mengenai pendidikan, Museum Pendidikan Nasional juga memberikan gambaran UPI di masa depan. Terdapat pula miniatur kawasan UPI yang dapat dilihat para pengunjung secara menyeluruh. Disediakan pula ruang pendukung seperti ruang perpustakaan, ruang riset, dan ruang pamer temporer.

Tentunya dalam kehidupan kita tidak akan terlepas dari kegiatan dan proses pendidikan

Di Museum Pendidikan Nasional, kita dapat mengetahui perkembangan pendidikan, termasuk pendidikan di Jawa Barat. Perkembangan pendidikan di wilayah Jawa Barat antara tahun 1920 sampai dengan tahun 1961. Pendidikan di Jawa Barat terasa kental dengan pendidikan berbasis multibudaya dan multietnis, serta dekat dengan lingkungan alam. Hal tersebut telah merefleksikan sifat masyarakat Jawa Barat itu sendiri.

Jika berminat menunjungi Museum Pendidikan Nasional, jam operasional tempat ini buka setiap Senin-Kamis jam 09.00 – 15.00, dan Jumat jam 09.00 – 15.30. Untuk Sabtu dan Minggu tutup, kecuali sebelumnya telah melalui reservasi dengan minimal pengunjung 300 orang. Dan Museum ini juga tutup di Hari Libur Nasional/Institusi.

 

Artikel Terkait: