shadow

PT. MSJ Ganti 6.092 Pohon Proyek pembangunan

PT. MSJ Ganti 6.092 Pohon Proyek pembangunan

PT. MSJ Ganti 6.092 Pohon Proyek pembangunan

 

PT. MSJ Ganti 6.092 Pohon Proyek pembangunan

Tol Bogor Outer Ring Road

Proyek pembangunan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIIA sudah mulai memasuki tahap pembowlingan (relokasi) pohon. Dari hasil survey bersama dengan PT. Marga Sarana Jabar (MSJ), Disperumkim Kota Bogor Bidang Pertamanan dan Pihak Ketiga PT. Brantas mendata ada 434 pohon di sepanjang jalur Tol BORR Seksi IIIA. Mulai dari pertigaan Lotte Mart hingga ke Salabenda. Dari total 434 pohon, 26 pohon liar jenis Randu, Pete Cina, Kersen/Ceri akan ditebang, sementara sisanya sebanyak 418 pohon akan di bowling.

Pohon liar

“Pohon liar yang ditebang ini tumbuh di median jalan dan bukan pohon yang sengaja ditanam karena tiga jenis ini memang bukan pohon yang disarankan ada di median jalan,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan, Disperumkim Kota Bogor, Agus Gunawan, saat ditemui di kantornya, Senin (07/01/2019).

Agus menjelaskan

Saat ini pembowlingan sudah mulai dikerjakan pihak ketiga, yakni PT. Brantas mengingat dikejar waktu penyelesaian Tol BORR Seksi IIIA selama satu tahun kedepan. Pohon yang sudah dibowling tidak lantas langsung ditanam kembali, karena pohon perlu diistirahatkan terlebih dahulu agar pohon tidak “stres”.

“Kurang lebih diperlukan waktu tiga bulan untuk istirahat sembari diberi perangsang akar agar nanti pohon siap kembali ditanam. Sambil menunggu pohon bisa ditanam kembali, kami sedang mencari dan menentukan titik-titik lahan kosong untuk relokasi pohon,” katanya.

Selain bowling, lanjut Agus

PT. Marga Sarana Jabar juga wajib mengganti pohon yang ditebang. Dalam peraturannya 1 pohon dengan diameter kurang dari 30 cm diganti dengan 30 pohon, 1 pohon diameter lebih dari 30 cm sampai 50 cm diganti 50 pohon dan 1 pohon diameter lebih dari 50 cm diganti sesuai dengan umur ekonomi pohon.

“Kalau ditotal jumlah pohon pengganti mencapai jumlah 6.092 pohon dengan minimal diameter 10 cm,” katanya.

 

Artikel Terkait: