shadow

Perawatan Wajah dan Tubuh

Perawatan Wajah dan Tubuh

Perawatan Wajah dan Tubuh

Perawatan Wajah dan Tubuh
Perawatan Wajah dan Tubuh
Jika Anda mencoba suatu produk kosmetik dan Anda merasakan kulit wajah Anda gatal atau panas, kemungkinan besar Anda tidak cocok dengan produk tersebut. Jangan dianggap rasa panas atau gatal tersebut adalah sifat kerja sang produk. Sebaiknya hentikan segera pemakaian kosmetik tersebut.
Cara merawat wajah :
1.Cuci muka dengan menggunakan pembersih
2.Kemudian gunakan scrub
3.Jika mau, bisa dilakukan penguapan wajah
4.Pencet jerawat dan komedo
5.Lakukan pemijatan wajah
6.Pakai masker, sesuaikan dengan jenis kulit, dua minggu sekali, bergantian dengan ‘peeling’
7.Bersihkan masker dengan ‘toner’
8.Jika wajah Anda berjerawat banyak, gunakan obat anti jerawat
9.Untuk daerah kering, Anda bisa juga memberikan pelembab malam
Kosmetik yang digunakan untuk menghaluskan wajah dengan pengelupasan kulit [terutama pemutihan] sebetulnya kurang bagus, karena kulit wajah kita jadi tipis dan elastisitas kulit menjadi berkurang. Mungkin di usia 30-40 tahun hal ini belum terasa, tapi begitu menginjak usia 50 tahun, akan terasa degenerasi kulit wajah ini.
Untuk membantu kehalusan kulit dan tubuh, bisa dibantu dengan pola makan dan hidup yang sehat. Seperti banyak makan buah dan sayur, banyak minum air, dan istirahat yang cukup.
Untuk pagi hari, sebelum berangkat kerja, ada baiknya meluangkan sedikit waktu untuk memoles wajah Anda secara sederhana.
1.Cuci wajah Anda dengan sabun wajah
2.Gunakan penyegar
3.Gunakan pelembab atau krim anti-keriput
4.Oleskan bedak
Saran tambahan, karena Indonesia merupakan daerah tropis, dimana matahari bersinar kuat selalu, ada baiknya Anda menggunakan pelembab atau krim anti-keriput yang mengandung anti sinar matahari, seperti SPF 15.
Disamping produk kosmetik yang sudah kita kenal, sabun muka, pelembab, toner, anti-keriput, dan lain-lain, ada juga yang menyarankan untuk menggunakan minyak bulus yang asli, yang katanya berbau seperti minyak jelantah. Minyak bulus ini dapat digunakan tidak hanya untuk wajah, tapi juga untuk bagian kulit tubuh yang lain. Namun penggunaan minyak bulus ini menimbulkan pro dan kontra, karena mengancam populasi bulus. padahal bulus ini termasuk satwa langka, dan penangkarannya pun susah dibuat dan jelas-jelas mahal.

Manfaat relaksasi


Relaksasi dapat melemaskan otot-otot tubuh yang tegang dan menenangkan pikiran yang gelisah, sehingga tubuh menjadi sangat rileks, menjadi lebih segar dan bersemangat. Bentuk relaksasi bisa menjadi sangat variatif, mulai dari yoga, berlibur ke pegunungan atau pantai untuk menikmati pemandangan dengan rileks, sampai mandi dengan aromaterapi.

Mengatasi Kulit Kering

Kulit kering dalam waktu yang lama, akan menyebabkan kulit bersisik dan garis-garis kulit yg dalam serta keriput. Kulit jadi tampak tidak segar, pucat atau gelap (hiperpigmentasi). Mandilah dengan Body Foam yang lebut untuk menjaga kelembaban kulit. Jangan lupa juga untuk memberikan pelembab setelah mandi pagi & sore. Terutama bila Anda selalu berada di ruang berpendingin (AC).Jangan menggunakan sabun berlebihan yang keras, karena minyak permukaan kulit akan hilang seluruhnya.

Menjaga Kulit Tetap Segar dan Kenyal Dengan Cara Alami

Untuk menjaga kesegaran kulit, konsumsilah air putih sebanyak 2 liter per hari, serta buah-buahan yang mengandung vitamin A, C, dan E seperti jeruk, mangga, dan pepaya akan bagus untuk kesegaran kulit.  Antiseptik memang seringkali beraroma kuat pada beberapa sabun mandi. Untuk menjaga kulit dari bakteri tetapi tetap lembut dan halus dapat digunakan sabun yang mengandung antiseptik. Sayangnya banyak aroma antiseptiknya terlalu kuat sehingga mengurangi kesegaran kulit dan menghilangkan aroma wangi sabun tersebut.
Beruntung sekarang sudah cukup banyak sabun-sabun kecantikan yang di pasarkan, tanpa terusik aroma antiseptik. Pilihlah sabun yang memiliki kandungan anti bakteri yang diperkaya dengan madu, gandum dan Vitamin E di dalamnya akan membersihkan dan menjaga kulit tetap lembut tanpa merusak unsur alami kulit.

Aromaterapi

Aromaterapi dikenal sebagai salah satu cara terapi kesehatan yang aman dan nyaman dengan menggunakan minyak esensial (sari pati) hasil ekstraksi bunga, daun, buah dan bagian lain tumbuh-tumbuhan. Salah satu dari berbagai rangkaian produk Martha Tilaar Group, Oil of Java Martha Tilaar Aromatic merupakan produk yang memiliki khasiat sebagai aromaterapi.

Manfaat Mandi Dengan Aromaterapi

Aroma yang bisa digunakan saat mandi bisa berfungsi sebagai cara relaksasi untuk menghilangkan stres, rasa penat dan pegal-pegal, linu, serta melenyapkan selulit, sehingga kulit menjadi halus dan mulus.
Perawatan aromatik sangat bermanfaat untuk kecantikan wajah. Aromaterapi juga bermanfaat untuk mempercepat peremajaan kulit melalui minyak esensial yang meresap ke dalam kulit sehingga meningkatkan aliran darah, mencegah timbulnya pelbagai penyakit karena bersifat anti bakteri, menetralisir ketegangan, mengurangi stress dan memberi kenyamanan ( relaxing ) melalui aroma minyak esensial yang terhirup, menormalisasi metabolisme dan pernafasan seluler, meningkatkan vitalitas dan membantu pembakaran produk lemak yang berlebihan, melembapkan dan meningkatkan kandungan oksigen serta menghilangkan racun pada kulit, membantu mengatur keseimbangan tubuh dan menstimulasi proses terapi.

Cara penggunaan 


Caranya dengan mengoleskan beberapa tetes minyak esensial aromaterapi pada wajah dan leher, pijat perlahan. Untuk hasil optimal, uapi wajah dengan air panas dalam wadah yang telah ditetesi minyak esensial.

Wewangian Yang Bisa Digunakan Pada Aromaterapi

Ada beberapa jenis wewangian yang digemari dan bisa dijadikan aromaterapi. Mulai dari jasmine (melati), bergamot, champaka, clove (cengkeh), cajeput (kayu putih), eucalyptus, green tea sampai lavender. Setiap jenis aroma memang punya ciri khas sendiri dan menghasilkan efek relaksasi yang berbeda.

Ragam Araomaterapi

Aromaterapi dapat digunakan sesuai kebutuhan. Misalnya Acne Oil yang mengandung minyak eukalipti dan pelbagai minyak esensial dapat mengatasi jerawat tanpa meninggalkan bekas serta menyeimbangkan produksi minyak/sabun yang berlebihan.
Untuk menghilangkan dan mencegah timbulnya garis-garis keriput pada wajah dapat menggunakan Anti Wrinkle Oil yang mengandung minyak esensial adas, nilam dan wortel serta pelbagai minyak esensial lain.
Kandungan minyak esensial lemon dan kenanga dalam Spot Oil dapat bersifat menenangkan dan membersihkan kulit, menghilangkan noda-noda pada kulit sekaligus menghaluskan.
Selain untuk wajah, aromaterapi juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh dan emosi. Contohnya adalah Relaxing Oil yang mengandung minyak pala, geranium dan palma rosa serta minyak esensial lainnya, berkhasiat merilekskan dan mengatasi ketegangan/stres akibat kelelahan fisik maupun psikis.
Keistimewaan Love Oil berkhasiat untuk menambah gairah cinta, dengan ramuan pelbagai minyak esensial seperti minyak cendana dan kenanga.
Pain Relief Oil mengandung minyak esensial jahe, pala, kayu putih serta eukalipti yang berkhasiat mengatasi pegal, nyeri otot dan kaku sendi, serta memulihkan kondisi tubuh.
Cellulite Oil mengandung pelbagai minyak esensial kenanga, nilam dan minyak esensial lain yang berkhasiat untuk menghilangkan selulit pada paha, pinggul, lengan dan bagian tubuh lain.
Yang terakhir adalah Carrier Oil (Soya Bean Oil) yang mengandung minyak kedelai murni untuk campuran minyak aromatik konsentrat yang dapat juga digunakan untuk pijat.
Baca Artikel Lainnya: