shadow

Mengenal Tentang Makna Warna Secara Psikologis

Mengenal Tentang Makna Warna Secara Psikologis

Mengenal Tentang Makna Warna Secara Psikologis

Mengenal Tentang Makna Warna Secara Psikologis
Mengenal Tentang Makna Warna Secara Psikologis

Setiap orang memiliki warna favorit. Tetapi tidak semua orang mengetahui bahwa warna favorit itu dapat mencerminkan kepribadian atau karakter mereka. Berikut adalah beberapa kepribadian atau karakter yang tercermin dari warna favorit seseorang.

Merah

Secara positif, Warna merah melambangkan kesan energik, religius, suci, berani, ingin diperhatikan, warna merah mengandung arti cinta, keberanian, agresif, kekuatan, merdeka, hasrat, erotisme, perjuangan, kecepatan, ketenaran, dan kehangatan.

Secara negatif, melambangkan api, darah, resiko, warna merah mengandung bahaya, perang, iblis, darah, anarki, panas, kekerasan dan  siksaan.

Didalam sejarah Cina, warna merah melambangkan sukacita. Warna merah dalam sejarah Cina selalu dapat dikombinasikan dengan warna apa saja dan selalu mengandung makna gembira. Misalnya warna hitam diatas merah atau merah di atas hijau yang bearti suka cita, sedangkan apabila hari-hari khusus yang penuh sukacita seperti pesta pernikahan warna emas diatas warna merah. Sedangkan lambang kerajaan biasanya dilambangkan warna merah diatas warna kuning.

Warna ini dapat menyampaikan kecenderungan untuk menampilkan gambar dan teks secara lebih besar dan dekat. Warna merah dapat mengganggu apabila digunakan pada ukuran yang besar. Merah cocok untuk tema yang menunjukkan keberanian seseorang, sifat energik misal mobil, kendaraan bermotor, olahraga dan permainan.

Merah muda

Warna Merah Muda menunjukkan simbol kasih sayang dan cinta, persahabatan, feminin, kepercayaan, niat baik, pengobatan emosi, damai, perasaan yang halus, perasaan yang manis dan indah. Merupakan warna sensual, warna yang penuh emosi dan juga mencerminkan warna tubuh. Di Amerika, warna merah muda dilambangkan untuk gadis kecil yang ceria, sedangkan di Jepang berarti kegembiraan. 

Orange

Warna orange mengandung kecerian, determinasi, ambisi bisa juga berarti kesuksesan, menunjukkan kehangatan, antusiasme, persahabatan, pencapaian bisnis, karier,  kesehatan pikiran, keadilan, daya tahan, kegembiraan, gerak cepat, sesuatu yang tumbuh, ketertarikan, independensi. Pada Blog dapat meningkatkan aktifitas mental. Disamping itu warna Orange memberi kesan yang kuat pada elemen yang dianggap penting. 
Selain itu, warna orange juga bisa mengandung pengertian kedengkian, kebimbangan. 

Emas

Mencerminkan prestis (kedudukan), kesehatan, keamanan, kegembiraan, kebijakan, arti, tujuan, pencarian kedalam hati, kekuatan mistis, ilmu pengetahuan, perasaan kagum, konsentrasi.

Warna emas memiliki daya pantul paling tinggi dibanding dengan warna lain. Mengandung nilai yang tinggi seperti emas, kehangatan, pencerahan, intelektual. Kesan negatifnya adalah warna yang sakit, pengecut, penghianat. Didalam beberapa kebudayaan terutama budaya timur, warna emas merupakan warna yang suci. Tetapi dibeberapa tempat misalnya Israel, warna emas berarti penghinaan (karena pengaruh perang dunia kedua).

Hijau

Menunjukkan warna bumi, kesuburan, melambangkan alam, kesegaran, simpati, hidup, muda dan kesehatan atau penyembuhan fisik, kelimpahan, keajaiban, tanaman dan pohon, kesuburan, pertumbuhan, muda, kesuksesan materi, kemakmuran, uang, pembaharuan, daya tahan, keseimbangan, ketergantungan dan persahabatan. Dapat digunakan untuk relaksasi, menetralisir mata, memenangkan pikiran, merangsang kreatifitas.

Unsur negatifnya adalah warna hijau berarti cemburu, licik, gila. Didalam sejarah Cina, warna hijau adalah warna perempuan. Sedangkan dalam budaya muslim, warna hijau adalah warna yang suci.

Biru

Adalah warna yang paling sering digunakan. Warna biru mempunyai sifat menenangkan. Warna ini memberi kesan komunikatif, melambangkan adil, peruntungan yang baik, kebijaksanaan, perlindungan, inspirasi spritual, tenang, kelembutan, , dinamis, kreativitas, pengabdian, cinta, kedamaian, kepercayaan, loyaitas, kepandaian, panutan, kekuatan alam, kestabilan, percaya diri, persahabatan dan harmoni, idealisme, kasih sayang, berpikir, konsisten, langit dan laut.

Kesan negatifnya adalah depresi, kesdihan, basi, keraguan, iblis. Di Amerika, warna biru melambangkan anak lelaki yang gagah berani.

Warna ini memberi kesan tenang dan menekankan keinginan. Biru tidak meminta mata untuk memperhatikan. Obyek dan gambar biru pada dasarnya dapat menciptakan perasaan yang dingin dan tenang. Warna Biru juga dapat menampilkan kekuatan teknologi, kebersihan, udara, air dan kedalaman laut. Selain itu, jika digabungkan dengan warna merah dan kuning dapat memberikan kesan kepercayaan dan kesehatan.

Biru tua

Melambangkan kekuatan, kaisar, cinta kebenaran, sabar, nostalgia, spiritual dan kerendahan hati.Warna ini juga bisa berarti penyesalan, penghinaan dan martir.

Coklat

Melambangkan natural, bumi dan mencerminkan sifat dapat dipercaya. Menunjukkan persahabatan, kejadian yang khusus, bumi, pemikiran yang materialis, reliabilitas, kedamaian, produktivitas, praktis, kerja keras. Warna coklat sangat tidak menarik apabila digunakan tanpa tambahan gambar dan ornamen tertentu, coklat harus didukung ornament lain agar menarik.

Tetapi warna coklat bisa juga berarti kemiskinan dan tandus. Di Jepang, warna coklat berarti wibawa.

Putih

Warna putih merupakan warna yang murni, pencapaian diri, spirituil, kedewaan, suci, steril, bersih, sempurna, jujur, kedamaian, kesempurnaan, kebersihan, cahaya, keamanan, kesederhanaan, baik. Warna putih biasa melambangkan malaikat, suster. Warna ini juga bisa berarti mati karena pucat, hantu, dingin dan hampa.

Warna putih sangat bagus untuk menampilkan atau menekankan warna lain serta memberi kesan kesederhanaan dan kebersihan. Di Cina, warna putih bila dipadukan dengan warna merah bearti keberuntungan.

Abu-abu

Merupakan warna yang bijaksana, keamanan, kepandaian kesederhanaan, konservatif, praktis, pofesional, kualitas, ketenangan, kedewasaan, tidak egois, dan seimbang. Selain itu warna abu-abu juga bisa mengandung arti lamban, kuno, kesedihan, lemah, mandul. Di Jepang sendiri, warna abu-abu dilambangkan sebagai tentara.

Hitam

Merupakan warna yang memiliki kesan elit, melambangkan perlindungan dan berkelas, perasaan yang dalam, kekayaan, kekuatan, formalitas, agung, teguh dan rendah hati,

Kesan negatifnya adalah penuh misteri, kemarahan, hampa, sedih, putus asa, kejahatan, tidak bahagia, ketakutan, dosa, kematian atau bisa juga penyakit.

Latar belakang warna hitam dapat menampilkan perspektif dan kedalaman. Sangat bagus untuk menampilkan karya seni atau fotografi karena membantu penekanan pada warna-warna lain.

Kuning

Merujuk pada matahari, ingatan, imajinasi logis, energi sosial, kerjasama, kebahagiaan, kegembiraan, kehangatan, loyalitas, tekanan mental, persepsi, pemahaman, kebijaksanaan, penghianatan, kecemburuan, penipuan, kelemahan, penakut, aksi, idealisme, optimisme, imajinasi, harapan, musim panas, filosofi, ketidak pastian, resah dan curiga.


Warna Kuning merangsang aktivitas mental dan menarik perhatian, Sangat efektif digunakan pada blogsite yang menekankan pada perasaan bahagia dan kekanakan.

Ungu

Menunjukkan pengaruh, pandangan ketiga, kekuatan spiritual, pengetahuan yang tersembunyi, aspirasi yang tinggi, kebangsawanan, upacara, misteri, pencerahan, telepati, empati, arogan, intuisi, kepercayaan yang dalam, ambisi, magic atau keajaiban, harga diri.

 

(Sumber: https://thesrirachacookbook.com/)