shadow

Persamaan Politik Asean dan Timur Tengah

Persamaan Politik Asean dan Timur Tengah

Persamaan Politik Asean dan Timur Tengah

Persamaan Politik Asean dan Timur Tengah
Persamaan Politik Asean dan Timur Tengah

Perwakilan Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (HPMI) Jordan mendapat kesempatan untuk hadir dalam Kuliah Umum ASEAN bertajuk “ASEAN and the Middle East: Trajectories for Future Relations” yang digelar oleh The Committee of the Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), Jordan Institute of Diplomacy (JID) dan Kementerian Luar Negeri Jordan pada Selasa (21/10).

Acara yang diadakan di Jordan Institute of Diplomacy, Amman ini dihadiri oleh ratusan peserta dari kalangan para diplomat, pejabat pemerintahan, pebisnis, praktisi hingga pelajar.

Dibuka dengan sambutan dari Andy Rachmianto selaku Duta Besar RI

untuk Yordania dan Palestina, kuliah umum yang disampaikan oleh eksekutif direktur Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Jakarta dan pakar politik dari Indonesia, Dr. Philip Jusario Vermonte itu dimulai pada pukul 10.00 waktu setempat dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dimoderatori oleh Lina Arafat, direktur Jordan Institute of Diplomacy.

Dalam paparanya, Philip menekankan dalam tiga hal yaitu Politik dan Keamanan, Ekonomi dan Perdagangan, dan terakhir Hubungan persahabatan.

Dia mengawali dengan memaparkan berbagai modal kesamaan yang dimiliki antara regional Asia Tenggara (ASEAN) dengan Timur Tengah (Midle East). Yang pertama sama-sama beranggotakan negara-negara berkembang yang punya orientasi untuk memajukan negaranya.

Kesamaan kedua dalam hal agama sehingga bisa saling tukar pikiran

dalam pengelolaan hubungan antar umat beragama.

Ketiga kebutuhan akan keamanan dalam negeri dan regional dalam menciptakan kedamaian dan dalam menghadapi radikalisme yang sedang berkembang di wilayah regional masing-masing, dan yang terakhir pertukaran Budaya dan perdagangan yang seharusnya memudahkan interaksi antar individu di kedua regional untuk penguatan hubungan persahabatan.

Dalam aspek politik dan keamanan, beberapa hal yang menjadi point utama kesamaan antara ASEAN

dengan Timur Tengah di antaranya Penerapan Sistem Demokrasi dalam pemerintahan negara, telah terbentuk kerjasama bidang industri pertahanan dan keamanan dalam pengadaan alat-alat perlengkapan dan upgrading kecanggihanya.

Yang berikutnya, perang melawan terorisme, telah terjalin kerjasama dalam bidang pemberantasan terorisme yang dilakukan antar dua Negara seperti Singapura dengan Yordania, Malaysia dengan Turki dalam kolaborasi perlawanan terhadap terorisme, dan Indonesia dengan Yordania dalam hal tukar-menukar informasi intelijen dan program deradikalisasi.(*)

 

 

Sumber :

https://nouw.com/danuaji/understanding-and-examples-of-explanator-36084748