shadow

7 KIAT MENAKLUKKAN SOAL UJIAN PTN

7 KIAT MENAKLUKKAN SOAL UJIAN PTN

Kamu hendak menempuh studi di perguruan tinggi negeri favorit? Tentunya bukan suatu perjuangan yang mudah. Kamu mesti sukses menaklukkan soal ujian PTN dan berlomba dengan murid dari semua wilayah Indonesia. Namun, bukan berarti tidak mungkin. Asalkan anda tahu kiat-kiatnya dan belajar dengan giat, niscaya keinginanmu bakal tercapai.

Jangan Pikirkan Ujian Nasional: Langsung Belajar guna SBMPTN

Percayakan proses pembelajaran Ujian Nasional (UN) untuk sekolah dan langsung saja belajar guna SBMPTN. Tingkat kelulusan UN SMA, SMK, maupun MA masing-masing tahunnya tentu di atas 98%. Artinya, nyaris semua siswa tentu lulus UN. Jangan termakan media atau isu-isu yang mengaku betapa seramnya UN. UN tersebut tidak sulit. Yang mesti benar-benar diperhatikan ialah SMBPTN. Mungkin peluang kamu dapat lolos SMBPTN melulu 10-20%. Andaikan destinasi kamu ialah Fakultas Hukum UI, melulu sekitar 3-7% pendaftar yang bakal diterima di Fakultas Hukum UI masing-masing tahunnya.

SBMPTN tersebut jauh lebih sulit daripada UN, baik dari sisi materi yang diuji maupun kesempatan untuk lulus. Dengan mempelajari soal ujian PTN semenjak awal, maka anda pun telah pasti dapat menjawab soal UN.

Kamu dapat belajar soal-soal SBMPTN di Educenter BSD City, yang dikelola paling profesional oleh lebih dari 20 institusi edukasi terkemuka, supaya nilai yang anda peroleh dapat maksimal.

Belajar dari Soal Tahun Lalu
Ada sejumlah materi yang mesti dihafal dan dimengerti: a) soal ujian PTN beserta jawabannya sekitar 5 tahun belakangan, b) soal dan jawaban dari try-out Bimbel, c) salah satu kitab rangkuman pelajaran SBMPTN.

Apabila telah menghafal dan memahami semua pelajaran di atas, selama 70% soal try-out dan SBMPTN seharusnya telah ada di tanganmu. Khusus guna matematika dasar, soal dan jawabannya memang tidak dapat dihafal, namun konsep soal matematika seringkali selalu sama masing-masing tahun, yang diganti melulu angka dan bentuknya saja.

Bacalah Pertanyaan Sebelum Baca Cerita
Untuk soal Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang seringkali sangat panjang, ingatlah guna selalu menyimak pertanyaan sebelum menyimak bagian cerita. Itu bakal membuatmu memahami hal yang ditanyakan dari mula sehingga semakin mudah untuk menggali jawabannya. Intinya guna menghemat waktu supaya nanti sempat review.

Selalu Cek Ulang Jawaban
Setelah menggarap soal ujian PTN, tidak boleh malah santai-santai. Kamu tidak butuh pamer atau dikenang sebagai orang yang kesatu berlalu mengerjakan. Apabila sudah berlalu menjawab, baca ulang seluruh pertanyaan dan jawabanmu. Pastikan bahwa anda benar-benar memahami apa yang ditanya dan membalas dengan jawaban yang tepat.

Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA)
Tidak tidak banyak orang yang menyepelekan TKPA. Padahal, TKPA tersebut super penting. Soal tes keterampilan IPA dan IPS tidak sedikit berubah dari tahun ke tahun, namun soal TKPA tentu itu-itu saja. Jika kamu dapat mendapatkan nilai bagus di TKPA, maka total skornya tentu bagus.

Fear Failure and Give It Your All, But Still Prepare For The Worst
Camkan di pikiran, teguhkan sejak mula untuk melulu kuliah di destinasi yang diinginkan. Teguhkan hati guna belajar habis-habisan untuk kampus dan jurusan yang diinginkan. Meski begitu, kamu pun harus realistis. Sebagai format tindakan nyata, daftarlah di kampus atau jurusan beda yang kira-kira bakal menerima kamu. Tapi sesudah mendaftar, lupakan bahwa anda punya cadangan. Jadikan tersebut sebagai peringatan, bilamana gagal SBMPTN, maka mesti masuk ke kampus opsi kedua yang bukan kemauan kamu.

Persiapkan Diri dengan Baik dan Berdoalah
Sebelum H-7, anda harus menyiapkan perlengkapan untuk ujian, laksana pensil 2B sejumlah 3 batang sampai-sampai tidak butuh meraut saat mengerjakan soal. Pergilah ke tempat tempat tes supaya bisa menikmati ‘aura’ lokasi ujian, sampai-sampai tidak butuh gugup ketika ujian. Usahakan istirahat teratur, contohnya selalu istirahat jam 10 masing-masing malam, supaya tubuh dapat mencapai situasi puncak saat ujian nanti. Terakhir, yang sangat penting ialah berdoa dan percaya bahwa Tuhan bakal mengabulkan . Sumber:
www.pelajaran.co.id/

Itulah 7 teknik menaklukkan soal ujian PTN.