shadow

Mengenalkan Huruf pada Anak Usia Dini

Mengenalkan Huruf pada Anak Usia Dini

mengenalkan huruf untuk anak lebih baik dilaksanakan ketika anak pada masa golden age, yakni anak pada umur 0 hingga 6 tahun saat kepintaran anak menjangkau 80%, itulah kenapa pada masa tersebut akan memprovokasi kehidupan anak besok ketika dewasa.

Mengenalkan anak baca, tulis, dan hitung pada umur dini barangkali dapat menjadi beban guna anak, namun kita dapat menyiasatinya dengan mengenalkan huruf dengan teknik yang menyenangkan, dengan teknik itu malah akan menjadi kelaziman yang baik guna anak.

Tentu saja anda dilarang memaksakan keterampilan anak sampai-sampai tidak memberi beban pada anak. Lalu bagaimana metodenya mengenalkan huruf dengan teknik yang menyenangkan untuk anak?

1. Berdialog
Pertama anda ajak anak berkomunikasi terlebih dahulu dan bimbing anak guna memverbalkan huruf yang anda kenalkan, contohnya huruf AIUEO. Pertama kali anda kenalkan 5 huruf ini dengan teknik memperdengarkan untuk anak, tidak boleh dulu mengindikasikan seperti apa cerminan huruf itu sebelum anak dapat memverbalkan huruf tersebut.

2. Bernyanyi
Menyanyi ialah hal yang dapat disenangi anak, anda bimbing anak mengenal huruf lewat lagu.

3. Bercerita
Untuk menemukan perhatian anak, anda bacakan anak sebuah kisah atau dongeng yang masih bersangkutan dengan huruf yang akan anda kenalkan.

4. Permainan
Lewat permainan pun akan memancing rasa keingintahuan anak terhadap sesuatu. Buatlah suatu permainan yang dapat membuat anak senang pasti saja disisipi dengan pembelajaran didalamnya.

Sumber : studybahasainggris.com/