shadow

Leukemia Dan Germ cell tumor

Leukemia Dan Germ cell tumor

Leukemia Dan Germ cell tumor

Leukemia Dan Germ cell tumor
Leukemia Dan Germ cell tumor

Germ cell tumor

Tumor Sel Germinal merupakan tumor yang berasal dari sel-sel germinal embrional dan dapat terjadi di gonad maupun ekstra gonad. Tumor germinal merupakan tumor yang menghasilkan substansi protein yang dapat diukur dan dijadikan penanda.16 Penyebab tumor ini adalah usia (84% terjadi pada usia 15-44), genetik, nutrisi, dan hormon.17 Prevalensi tumor ini 10-15% pada dewasa, 8% pada anak. 86% diantaranya jinak. Terapi yang dianjurkan adalah terapi multimodaliti yakni kemoterapi, radiasi, dan operasi.16

Leukemia

Leukimia adalah kanker dari sel-sel darah. Umumnya sel-sel darah dibentuk di sumsum tulang. Pada leukimia, sel-sel darah yang telah menjadi kanker akan mendesak keluar sel-sel darah yangs ehat di sumsum tulang. Jenis-jenis leukimia bergantung pada jenis sel darah yang telah menjadi kanker. Sel-sel darah putih adalah tipe sel yang paling sering menjadi kanker. Tetapi sel darah merah (sel yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh) dan keping darah (sel yang menggumpalkan darah) juga bisa menjadi kanker.

Leukimia sering menyerang orang dewasa yang lebih tua dari 55 tahun, dan merupakan kanker yang umumnya diderita anak-anak yang lebih muda dari 15 tahun. Leukimia ada yang akut dan juga kronis. Leukimia akut merupakan kanker yang pertumbuhannya cepat dan biasanya cepat untuk memburuk. Leukimia kronis merupakan kanker yang pertumbuhannya lambat dan memburuk secara perlahan. Pengobatan dan prognosis untuk leukimia bergantung pada tipe darah yang terkena kanker dan apakah termasuk dalam leukimia akut ataupun kronis. Kemoterapi merupakan pengobatan yang paling sering digunakan untuk mengobati leukimia.

Baca Juga :