shadow

Latih Siswa Berbicara di Muka Umum

Latih Siswa Berbicara di Muka Umum

Latih Siswa Berbicara di Muka Umum

Latih Siswa Berbicara di Muka Umum
Latih Siswa Berbicara di Muka Umum

SMP-IT Al-Ittihad Kota Bekasi menerapkan program Taklim bagi siswanya. Program ini melatih siswa berbicara di muka umum melalui ceramah.

Kepala SMP-IT Al-Ittihad Kota Bekasi Muhammad Ilham Nurohman menjelaskan, program ini diterapkan sebagai salah satu cara sekolah agar siswa dapat terbiasa dengan sistem pembelajaran berwawasan kemasyarakatan, salah satunya dalam bentuk dakwah atau ceramah.

”Ini adalah salah satu program pembiasaan di sekolah kami

, walaupun secara garis besar ceramah yang disampaikan tidak begitu berat namun tetap memiliki nilai edukasinya tersendiri, kita mulai dari materi-materi ceramah yang bersifat pembelajaran,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Rabu (27/11).

Ilham mengungkapkan, program ini merupakan salah satu kegiatan intrakurikuler sekolah yang masuk dalam Rohani Islam (Rohis). Dalam program yang sudah berjalan selama tiga tahun, tepatnya sejak SMP-IT Al-Ittihad Kota Bekasi pertama kali beroperasi, siswa terlebih dahulu diuji untuk ceramah di depan teman-temannya.

Selanjutnya jika sudah lancar akan terjun langsung di lingkungan masyarakat. Pihak sekolah akan membuat jadwal untuk masing-masing anak yang akan tampil di depan jamaah Majelis Taklim di lingkungan sekolah.

”Program ini diawali dengan ceramah yang dilakukan di depan teman-temannya,

kemudian jika menurut pihak sekolah sudah cukup baik maka akan kami kirim siswa tersebut untuk mengisi ceramah di kegiatan Majelis Taklim lingkungan sekolah,” katanya.

Program ini yang diikuti oleh siswa kelas 7-9 ini cukup penting untuk dijalankan. Sehingga kedepan siswa lebih mampu dan berani berbicara di muka umum.

”Ini adalah salah satu bekal yang akan kami berikan kepada seluruh siswa, karena ini sangat bermanfaat sekali untuk bekal mereka ketika melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi,” ujarnya.

Salah satu siswa SMP-IT Al-Ittihad Kota Bekasi Risya Aini Rafilah mengungkapkan

, program ini menjadi salah satu tantangannya untuk berani berbicara dimuka umum serta membuatnya lebih dapat berfikir secara baik. Menurutnya, program ini memberikan pengalaman yang cukup berharga untuk bekalnya nanti.

 

Sumber :

https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/