shadow

Google Bakal Matikan Google+, ini Penyebab Utamanya

Google Bakal Matikan Google+, ini Penyebab Utamanya

Google Bakal Matikan Google+, ini Penyebab Utamanya

Google Bakal Matikan Google+, ini Penyebab Utamanya
Google Bakal Matikan Google+, ini Penyebab Utamanya

Berita mengejutkan datang dari Google. Raksasa teknologi asal Mountain View, Amerika Serikat ini akhirnya akan mematikan salah satu layanan media sosial yang dikembangkannya, yakni Google+. Hal ini dilakukan karena muncul celah keamanan yang mengakibatkan ratusan ribu data pengguna bocor.

Seperti yang ditulis oleh Wall Street Journal, ratusan ribu data pengguna Google+ bocor disebabkan API yang rusak alias mengalami bug. Sebagai bagian dari perbaikan yang harus diambil, dengan terpaksa Google secara permanen akan mematikan Google+.

Disebutkan bug API ini ditengarai bisa memberikan akses

kepada pengembang aplikasi pihak ketiga untuk mengakses profil dan data pribadi pengguna Google+. Ditemukan sekitar 438 aplikasi yang telah menggunakan API ini dan tercatat sebanyak 496.951 pengguna terpengaruh oleh bug ini.

Selain itu, tak hanya nama lengkap dan alamat email yang bisa bocor, data lain yang bisa dibocorkan oleh bug ini adalah tanggal lahir, jenis kelamin, foto profil, tempat tinggal, pekerjaan dan status hubungan. Tentu saja, hal ini sangat merugikan pengguna Google+.

Menariknya, masalah ini sudah terjadi sejak tahun 2015

dan Google baru menyadarinya pada Maret 2018. Tentu saja masalah ini harus segera diperbaiki oleh Google. Sayangnya, Google merahasiakan masalah ini karena mereka khawatir dengan peristiwa yang dialami oleh Facebook.

Setelah masalah ini ramai dibicarakan, Google pun memberikan alasan mengapa mereka tidak mengungkap masalah ini ke pengguna Google+. Google hanya mengatakan bahwa tidak ada bukti penyalahgunaan dari sejumlah data yang bocor.

Namun, mereka juga mengakui bahwa cukup sulit

untuk memastikan hal itu. Selain itu, raksasa search engine ini juga tidak mengambil tindakan untuk memeriksa satu pun pengembang dari 438 aplikasi yang menggunakan API yang dimaksud.

 

sumber :

Sonic CD Classic 1.0.5 Apk + Data for android

Posted in:
Articles by:
Published: