shadow

PERKEMBANGAN “MOUSE” DARI TAHUN 1952

PERKEMBANGAN “MOUSE” DARI TAHUN 1952

PERKEMBANGAN “MOUSE” DARI TAHUN 1952

PERKEMBANGAN “MOUSE” DARI TAHUN 1952
PERKEMBANGAN “MOUSE” DARI TAHUN 1952

PERKEMBANGAN “MOUSE” DARI TAHUN 1952 SAMPAI MOUSE CANGGIH MASA KINI
Pada awal tahun 1952 Royal Canadian Navy memperkenalkan sebuah sistem penunjuk menggunakan trackball. Dapat anda liat pada gambar disamping sistem penunjuk tersebut memakai bola yang merupakan cikal bakal mouse modern.

Lalu berkembang pada tahun 1968 Douglas Engelbart membuat mouse pertama yang terbuat dari kotak kayu dan 2 roda besi. Diperkenalkan pertamakali di sebuah konferensi di San Francisco. Mouse adalah satu dari beberapa alat penunjuk (pointing device) yang dikembangkan untuk On Line System (NLS) milik Engelbard.Selain mouse, yang pada mulanya disebut “bug”, juga dikembangkan beberapa alat pendeteksi gerakan tubuh yang lain, misalnya alat yang diletakkan di kepala untuk mendeteksi gerakan dagu. Karena kenyamanan dan kepraktisannya, mouse-lah yang dipilih. Mouse pertama di dunia memiliki ukuran jauh lebih besar dibandingkan sekarang. Menggunakan dua buah roda yang saling tegak luruk, untuk mendeteksi gerakan ke sumbu X dan sumbu Y. Engelbart kemudian mematenkannya pada 17 November 1970, dengan nama Penunjuk posisi X-Y untuk sistem tampilan grafis (X-Y Position Indicator For A Display System). Pada waktu itu, sebetulnya Engelbart bermaksud pengguna memakai mouse dengan satu tangan secara terus-menerus, sementara tangan lainnya mengoperasikan alat seperti keyboard dengan lima tombol.
“CONTOH GAMBAR MOUSE DARI KOTAK KAYU”
Mouse ini ternyatah masih jauh dari sempurna seiring berkembang nya zaman,kemudian muncul nama nama baru pembuat mouse,seperti Bill english.
Pada tahun 1972 Bill english memperkenalkan sebuah sistem baru “ball mouse”. Ia menggunakan bola yang dapat berputar kesegala arah, kemudian putaran bola tersebut dideteksi oleh roda-roda sensor didalam mouse tersebut, Pengembangan tipe ini kemudian melahirkan mouse tipe Trackball, yaitu jenis mouse terbalik dimana pengguna menggerakkan bola dengan jari, yang populer antara tahun 1980 sampai 1990.Seperti pada contoh gambar dibawah tersebut.

Dan seiring berkembang nya zaman para ilmuan berlomba lomba menemukan beranekaragam jenis dan bentuk mouse,seperti mouse yang menggunakan cahaya LED untuk megarahkan kursor yang dibuat oleh Richard Lyon dan Steve Kirsch pada tahun 1981.

Dan selanjutnya Manuel Cardoso seorang insinyur elektro mengupgrade sebuah mouse canggih masakini yang kusus diperuntuk kan untuk penyandang cacat,yaitu mouse dengan kedipan mata yang diberinama” ocular mouse” mouse tersebut dikerjakan oleh otot-otot disekitar mata.berikut contoh gambar nya.

“Mouse” terkecil di dunia
Kemajuan demi kemajuan di tunjukkan oleh para ilmuan dunia,seperti oleh Mad Catz Inc.
Dia memunculkan sebuah mouse yang amat sangat unik,yaitu,mouse bernama Z-Nano ini memang amat mungil bentuknya jika dibandingkan dengan mouse standar. Betapa tidak? Ukuran Z-Nano — nama mouse tersebut — hanyalah 42x21x17,65 mm saja. Berarti ukuran ini hampir sama dengan ukuran jari manusia, mouse ini tetap dibekali fungsi yang sama seperti mouse komputer pada umumnya. Ada fungsi scroll, optical tracking dan juga dilengkapi dengan indikator cahaya LED. Meski demikian, terdapat beberapa penyesuaian tombol mengingat kecilnya bentuk Z-Nano. Seperti tombol klik kiri terletak di bagian depan dan tombol untuk klik kanan dipasang di belakangnya. Sementara tombol untuk melakukan scroll ke atas dan bawah juga sangat mungil ukurannya. Adapun konektivitasnya mengandalkan USB. Z-Nano telah dipasarkan di berbagai situs internet dengan harga mencapai US$ 60. Namun, meski produk ini cukup unik, beberapa pihak mempertanyakan apakah Z-Nano nyaman digunakan atau malah membuat penggunanya kerepotan.
seperti padagambar nisamping kita bisa melihat betama mungil nya mouse tersebut.

Sumber : https://bingo.co.id/