shadow

Kegiatan yang terdapat dalam membaca kritis

Kegiatan yang terdapat dalam membaca kritis

Kegiatan yang terdapat dalam membaca kritis

Kegiatan yang terdapat dalam membaca kritis

Ada tiga kegiatan yang terdapat dalam membaca kritis, yaitu :

  1. Membaca dengan berpikir

Membaca dengan berfikir hendaknya memikirkan persoalan-persoalan atau fakta-fakta yang ditampilkan dalam bacaan. Pembaca memikirkan maksud dan tujuan penulis mengemukakan fakta-fakta tersebut. Tujuan pembaca dengan cara berpikir ini supaya pembaca dapat menentukan batasab-batasan dari persoalan-persoalan atau fakta-fakta yang dikemukakan oleh pengarang.

  1. Membaca dengan menganalisis merupakan kunci membaca kritis.

Dengan menganalisis pembaca dapat mengetahui apakah gagasan atau fakta-fakta yang dikemukakan pengarang sungguh di sokong oleh detail-detail yang diberikannya atau tidak. Pembaca selanjutnya dengan cara itu akan dapat memisah-misahkan mana detail-detail yang penting, mana detail yang cocok dan detail yang tidak cocok.

  1. Membaca dengan penilaian.

Tugas pembaca kritis adalah menilai fakta atau pernyataan yang dapat menyokong gagasan pokok yang dikemukakan. Pembaca harus sanggup menentukan apakah fakta yang dibacanya ada hubungannya satu dengan yang lainnya atau mungkin pembaca nenemukan dua atau lebih fakta yang seharusnya dipandang sebagai fakta yang terpisah. Akhirnya pembaca menentukan penilaian terhadap fakta-fakta yang disajikan oleh penulis.


Sumber:

https://ironmanfactory.com/zoo-island-apk/