shadow

DHCP (Dynamic Host Configuratio Protocol)

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)

DHCP (Dynamic Host Configuratio Protocol)

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)

DHCP merupakan salah satu keunggulan dari teknolohi IPv4, dimana dengan DHCP tersebut alamat IP dan subnet mask dapat di berikan secara otomatis oleh server ketika computer baru akan terhubung ke dalam suatu jaringan. 

DHCP sendiri berfungsi untuk memberikan IP address secara otomatis paad computer yang menggunak protocol TCP/IP. DHCP berkerja dengan relasi client-server, dimana DHCP server menyediakan suatu kelompok IP address yang dapat di berikan pada DHCP client. 

Dalam memberika IP address ini DHCP hanya meminjamkan IP address tersebut. Jadi pemberian Ip address ini berlangsung secara dinamis.

Keamanan IPv4

Saat ini metode dengan menggunakan S-HTTP(Secure-HTTP) untuk pengiriman nomor kartu kredit, ataupun data pribadi dengan mengenkripsinya, mengenkripsi email dengan PGP (Pretty Good Privacy) telah dipakai secara umum. 

Akan tetapi cara di atas adalah security yang di tawarkan oleh aplikasi. Dengan kata lain bila ingin memakai fungsi tersebut maka kita harus memakai aplikasi tersebut. Jika membutuhkan security pada komunikasi tanpa tergantung pada aplikasi tertentu maka di perlukan fungsi security pada layer TCP atau IP, karena IPv4 tidak mendukung fungsi keamanan ini kecuali di pasang suatu aplikasi khusus agar bisa mendukuing security.


Sumber: https://blog.fe-saburai.ac.id/seva-mobil-bekas/