shadow

Network Address Translation (NAT)

Network Address Translation (NAT)

Network Address Translation (NAT)

Network Address Translation (NAT)

Keterbatasan alamat pada IPv4 merupakan maslah pada jaringan global atau internet. Untuk memksimalkan menggunakqn alamat IP yang di berikan oleh internet service provider (ISP) maka dapat digunakan Network Address Translation atau sering di singkat dengan NAT. NAT membuat jaringan yang menggunakan alamat local(private), alamat yang tidak boleh ada dalam table routing internet dan di khusukan untuk jaringan local/internet, agar dapat berkomunikasi ke internet dengan jalan meminjam alamat IP internet yang di alokasikan oleh ISP.


Dengan teknologi NAT maka di mungkinkan alamat IP local/private terhubung dengan jaringan public seperti internet sebuah router NAT di tempatkan antara jaringan local(inside network) dan jaringan public (outside network), dan mentranslasikan alamat local/internal menjadi alamat IP global yang unik sebelum mengirimkan paket ke jaringan luar seperti internet. Sehingga dengan NAT,jaringan internal/local tidak akan terlihat oleh dunia luar/internal.

  1. Pembagian Nat

Nat dapat di bagi menjadi 2, yaitu :

      1). Static

                 Translasi static terjadi ketika sebuah alamat local (inside) di petakan kepada sebuah alamat global/internet(outside). Alamat local dan global tersebut di petakan 1 lawan 1 secara statistic.

2). Dinamik

  • NAT dengan kelompok

Translasi dinamik terjadi ketika router NAT di set untuk memahami alamat local yang harus di translasikan, dan kelompok (POOL) alamt global yang akan di gunakan untuk terhubung ke internet. Proses NAT dinamik ini dapat memetakan beberap kelompok alamat local ke beberapa kelompok alamat global.

  • Nat overload

Sejumlah IP local internal dapat di translasikan ke suatu alamat IP global(outside). Hali ini sangat menghemat penggunaan alokasi IP dari ISP. Sharing/pemakaian bersama 1 alamat Ip ini menggunakan methode port multiplexing, atau perubahan port ke packet outbound.

  1. Keuntungan dan Kerugian NAT

Nat sangan berguna/penting untuk mentranslasikan alamat IP. sebagai contoh apabila akan berganti ISP atau menggabungkan 2 internet(2 perusahaan) maka di harmuskan untuk merubah alamat IP internal. Akan tatapi dengan menggunkan teknologi Nat maka di mungkinkan untuk menambah alamat IP tanpa merubah alamat IP pada host atau computer. Dengan demikian akan menghilangkan duplicate IP tanpa pengalamatan kembali host atau computer.

Berikut adalah table keuntungan dan Kerugian dari penggunaan NAT :

Keuntungan

Kerugian

Menghemat alamat IP legal yang di tetapkan oleh NIC atau servis provider

Translasi menimbulkan delay switching

Mengurangi terjadinya duplicate alamat jaringan

Menghilangkan kemampuan trace(traceability) end to endip

Meningkatkan fleksibilitas untuk koneksi ke internet

Aplikasi tertentu tidak dapat langsung berjalan jika menggunkan NAT, perlu penyesuaian

Menghindarkan proses pengalamatan kembali (readdressing) pada saat jaringan berubah


Sumber: https://student.blog.dinus.ac.id/handay/seva-mobil-bekas/