shadow

Cara Investasi Reksadana

Tertarik dengan reksa dana, tetapi tidak tahu caranya? Jangan khawatir. Anda tidak sendirian, tetapi instrumen investasi ini benar-benar berkembang.

Selain sosialisasi intensif dari pemerintah, terutama badan jasa keuangan, reksadana adalah salah satu produk termudah untuk berinvestasi di pasar modal dan dapat memiliki manfaat jangka panjang. Alat ini juga cocok untuk mereka yang ingin “bermain” dengan saham tanpa harus mempelajari kompleksitas ini.

Yah, kita sering mendapat pertanyaan dari teman tentang cara berinvestasi di reksa dana. Bahkan, ini sangat mudah karena informasi yang cukup di dunia online. Anda dapat membuka google: “cara berinvestasi di reksa dana” sehingga beberapa referensi akan muncul.

Salah satu sumber terbaik untuk mempelajari reksa dana tentu saja adalah Howmoneyindonesia.com. Namun, tidak ada yang salah dengan ini ketika kami menjelaskan langkah-langkah sederhana yang dapat Anda ambil jika Anda bersedia memilih produk reksa dana. Saat ini ada sekitar 700 produk reksa dana di Indonesia.

Memilih investasi reksa dana terbaik untuk pemula

Oke, pada titik ini, kami mengharapkan Anda untuk menetapkan tujuan investasi Anda, baik jangka pendek (1 atau 2 tahun), jangka menengah (hingga 5 tahun), atau jangka panjang (lebih dari 5 tahun). Misalnya, jika Anda ingin berinvestasi dalam biaya anak-anak yang akan kuliah dalam 3 tahun, maka ini adalah investasi menengah. Jika, sementara itu, Anda akan mengumpulkan dana untuk membeli tanah selama 7 tahun ke depan, maka kita dapat menyebut tujuan kami sebagai tujuan investasi jangka panjang.

Pengetahuan tentang profil risiko juga penting. Apakah Anda tipe orang yang terlalu berhati-hati atau berani mengambil risiko. Cara mengukurnya adalah sebagai berikut: Jika nilai investasi turun menjadi Rp50 ribu, itu langsung berubah di kepala Anda, keadaan upgrade, dll., Maka Anda berisiko tidak mengambil risiko.

Namun, jika nilai investasi turun menjadi satu juta dolar dan Anda hanya dapat bersantai mengetahui bahwa investasi potensial lebih besar, maka Andalah yang mengambil risiko. Sikap optimis diperlukan untuk investasi.

Jadi apa yang harus dilakukan reksa dana? Dalam dunia investasi, rumusnya adalah: Risiko tinggi, yang dapat diterjemahkan sebagai: Investasi berisiko tinggi memiliki potensi pengembalian yang tinggi. Sebaliknya, investasi berisiko rendah tidak menghasilkan pengembalian yang memadai. Berdasarkan potensi ketahanan terhadap reksa dana, mereka umumnya dinyatakan sebagai berikut:

Dana risiko rendah, potensi pengembalian rendah: dana pasar uang, dana pendapatan tetap,
Reksadana dengan potensi pengembalian risiko menengah adalah: dana campuran,
Reksa dana, potensi pengembalian tinggi: dana ekuitas.
Sekarang mari kita pilih produk. Sebagai pemula, kami tidak tahu apa-apa tentang reksa dana tempat kami pertama kali memilihnya. Bagaimana dengan segera mulai melihat semua penggalangan dana di Indonesia.

Informasi ini tersedia di media massa (misalnya: Indonesia Business Daily) atau online, seperti Infovesta.com. Pada halaman pertama Infovesta.com Anda akan menemukan daftar dana kami saat ini, seperti yang ditunjukkan pada gambar ini:

Di atas adalah tab untuk kategori reksa dana. Anda dapat membukanya untuk melihat produk yang ada. Pada halaman ini kita dapat menemukan informasi tentang setiap dana dimulai dengan 1 hari, satu bulan, 1 tahun dan 3 tahun.

Sebagai informasi, setiap produk penggalangan dana (NAV) hanya $ 100 / poin. Selain itu, Infovesta memberikan peringkat bintang untuk setiap produk. Hasil ini tidak hanya didasarkan pada analisis kinerja, tetapi juga memahami beberapa faktor yang lebih dalam.

Sekarang Anda tertarik dengan produk reksa dana, mari kita cari informasi lebih lanjut. Tempat terbaik untuk melakukan ini adalah di situs web penerbit bersama, bukan yang lain. Jika Anda ingin menemukan situs web penerbit, Anda dapat mencarinya di Google dengan menyebutkan nama setiap produk. Nama produk biasa dari reksa dana juga termasuk nama perusahaan yang menerbitkannya, jadi coba tebak.

Kemudian cari informasi lebih rinci di situs web informasi. Misalnya, pada tab Produk, Anda dapat melihat produk reksa dana. Nama produk reksa dana yang diinginkan yang menurut Anda cocok dengan baik. Kemudian baca prospektus (informasi lebih lanjut) tentang produk reksa dana yang Anda sukai.

Baca juga: