shadow

Macam Macam Akuntansi dan Pengertiannya

Secara umum, akuntansi sama dengan keuangan. Begitu sedikit orang berpikir bahwa akuntansi hanya berbicara tentang akuntansi keuangan. Meskipun ada banyak jenis akuntansi lainnya, kita perlu tahu untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Selain itu, jenis akuntansi ini dapat menawarkan Anda kesempatan untuk bekerja di bidang akuntansi.

Dikutip dari situs guruakuntansi.co.id Jenis-jenis akuntansi adalah sebagai berikut:

Akuntansi keuangan (akuntansi umum)

Akuntansi keuangan adalah akuntansi yang mengacu pada pencatatan transaksi keuangan dan penyajian laporan keuangan untuk periode waktu tertentu. Laporan khusus akan memberikan kemudahan bagi pemangku kepentingan internal dan eksternal dalam membuat keputusan bisnis.

Dalam menyiapkan laporan keuangannya, suatu perusahaan harus didasarkan pada prinsip-prinsip akuntansi yang diterima secara umum (GAAP) untuk memfasilitasi pembacaan dan analisis laporan keuangan, yang berarti bahwa ia memenuhi salah satu kekuatan dari laporan keuangan dan fungsi akuntansi. Sistem akuntansi dalam akuntansi keuangan menggunakan dasar untuk akuntansi, yang merupakan prinsip kejenuhan.

Akuntansi keuangan tersedia untuk semua entitas bisnis dengan penyesuaian sesuai dengan jenis perusahaan. Karena pentingnya akuntansi dan akuntansi laba untuk kemajuan dan kelancaran operasi.

Manajemen Akuntansi

Manajemen akuntansi adalah akuntansi yang berkaitan dengan kegiatan tata kelola perusahaan di mana informasi diperoleh dalam bentuk informasi kuantitatif dan kualitatif. Informasi kuantitatif adalah informasi keuangan, seperti laporan keuangan. Karena informasi kualitatif adalah informasi non-keuangan seperti perencanaan, program kerja dan banyak lagi.

Ada perbedaan antara akuntansi dan akuntansi keuangan, dimana data diproses untuk diproses dan kemudian disajikan dalam bentuk informasi yang relevan dan bukan hanya data historis seperti akuntansi keuangan. Namun, akuntansi manajemen juga menggunakan peramalan atau peramalan data dalam kegiatan operasionalnya. Karena tujuan utama akuntansi manajemen adalah untuk memberikan informasi yang relevan dan akurat untuk memutuskan pekerjaan internal perusahaan dalam hal perencanaan, pengendalian dan pengawasan.

Akuntansi Bank

Akuntansi bank adalah sistem akuntansi yang terkait dengan operasi dan data keuangan lembaga perbankan, yang secara sistematis memberikan informasi kepada pemangku kepentingan perbankan internal dan eksternal. Pada dasarnya sistem dan aktivitas akuntansi perbankan sama dan akuntansi keuangan umum. Perbedaannya adalah:

Akun kerja adalah rekening bank
Laporan keuangan yang dihasilkan harus mencakup laporan tambahan yang menyimpan data transaksi tetapi tidak mempengaruhi neraca, tetapi harus dihitung oleh bank, yang merupakan laporan akun administratif.
Ada dua sistem pencatatan yang menggunakan basis akrual untuk mencatat biaya dan basis moneter untuk pendapatan.
iklan

Ujian akuntansi

Akuntansi Akuntansi adalah akuntansi yang berkaitan dengan transaksi keuangan dan aktivitas pelaporan akun yang gratis dan komprehensif. Tujuan bebasnya adalah untuk memeriksa laporan keuangan untuk menentukan tingkat kewajaran dan validitas laporan keuangan yang disiapkan oleh lembaga bisnis.

Selain ujian ini, sidang juga mencakup pendapat tentang kredibilitas laporan keuangan perusahaan. Definisi luas audit adalah aktivitas akuntansi dengan proses sistematis untuk mengukur dan memperoleh bukti obyektif atau pernyataan tentang ukuran atau ekonomi untuk menilai tingkat kepatuhan antara kriteria yang ditetapkan dan disetujui. Dalam hal ini, kriteria yang disebutkan adalah prinsip akuntansi yang diterima secara umum (GAAP).

Tinjauan atas hasil atau tinjauan editorial adalah apa yang disebut “opini” yang kemudian harus diteruskan ke pihak yang berkepentingan dan perusahaan yang bersangkutan. Dan mereka yang melakukan aktivitas akuntansi audit disebut auditor.

Akuntansi pajak

Akuntansi pajak adalah akuntansi yang berkaitan dengan perhitungan pajak. Akuntansi pajak menentukan jumlah perusahaan yang membayar pajak. Tugas akuntansi pajak adalah untuk memproses data kuantitatif, yang kemudian digunakan untuk menyajikan laporan keuangan yang berisi perhitungan pajak penghasilan badan.

Pengertian lengkap akuntansi pajak adalah aktivitas akuntansi yang dilakukan oleh perusahaan untuk menghitung dan menentukan jumlah penghasilan kena pajak (CPP) yang dihasilkan dalam periode tertentu atau 1 tahun pajak yang akan ditentukan untuk beban pajak atau pembayaran pajak penghasilan.

Baca juga: