shadow

Konsep Produksi 

Konsep Produksi 

Konsep Produksi Konsep Produksi 

Konsep produksi merupakan salah satu konsep berumur, yaitu melakukan pada produk yang mudah diperoleh dan memiliki harga murah. Hal ini dimaksudkan untuk mencapai produksi yang efisien dan berkualitas tinggi serta dapat didistribusikan secara luas. Konsep ini dapat dilakukan apabila produk yang diminta melebihi dari penawaran dan biaya produk tersebut tinggi. Akan tetapi, konsep ini memiliki pelayanan yang tidak ramah sehingga dapat dinilai sebagai kelemahannya.

2). Konsep Produk 

Konsep produk beranggapan bahwa pelanggan lebih memilih produk yang memberikan mutu, kinerja yang baik dan inovatif untuk memuaskan perhatian sehingga pembuatan produk lebih baik dan semakin disempurnakan. Meskipun demikian, ketidak perhatian industri ini dalam menargetkan kebutuhan dan keinginan para konsumen menjadi salah satu kendala dalam melakukan pemasaran.
3). Konsep Penjualan 
Konsep ini berpendapat bahwa kalau pelanggan dibiarkan saja, pelanggan tidak akan membeli produk industri dalam jumlah cukup sehingga harus melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif. Konsep ini berpendapat bahwa konsumen tidak memiliki kemampuan/jarang membeli dan harus memberikan dorongan supaya membeli. Konsep ini sering digunakan pada produk yang tidak terpikirkan untuk dibeli serta pada industri yang memiliki kelebihan produksi.
4). Konsep  Pemasaran 
Konsep ini berpendapat bahwa kunci untuk mencapai tujuan industri terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diinginkan. Pemasaran yang dilakukan dalam pasar yang potensinya memiliki saingan secara global dinilai lebih efektif dan efisien daripada saingannya.
5). Konsep Pemasaran Sosial 
Konsep ini beranggapan bahwa tugas industri adalah menentukan kebutuhan, keinginan serta kepentingan pasar sasaran dan memenuhi dengan lebih efektif serta lebih efisien daripada saingannya dengan cara mempertahankan atau meningkatkan kesejahteraan pelanggan dan masyarakat. keputusan.
B. Strategi dan Taktik Pemasaran
Strategi pemasaran merupakan pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran yang digunakan, bauran pemasaran, alokasi pemasaran yang berkaitan dengan lingkungan yang diharapkan dan potensi persaingan yang ada. Disisi lain, strategi pemasaran juga diartikan sebagai logika pemasaran yang digunakan unit bisnis dengan harapan tujuan pemasarannya bisa tercapai (Armstrong dan Kotler, 2000). Sedangkan taktik pemasaran merupakan penerapan dari strategi pemasaran. Strategi pemasaran bisa berubah-ubah sesuai dengan yang dibutuhkan. Faktor utama terjadinya perubahan strategi pemasaran adalah daur hidup produk, potensi persaingan dan keadaan ekonomi.
Posted in:
Articles by:
Published: