shadow

Pemasaran

Pemasaran

Table of Contents

PemasaranPemasaran

Pemasaran merupakan kegiatan utama yang sangat perlu dilakukan oleh pebisnis dan biasanya memasarkan barang atau jasa supaya usahanya dapat terus berlanjut. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan pelaku bisnis dimana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Dalam era persaingan usaha yang semakin kompetitif sekarang ini, setiap  pelaku bisnis yang ingin memenangkan kompetisi dalam persaingan pasar akan memberikan  perhatian penuh pada strategi pemasaran yang dijalankannya.

Pemasaran produk dibuat melalui proses yang bermutu sehingga memiliki keistimewaan tertentu yang berpotensi memberikan rasa kepuasan terhadap konsumen dalam menggunakan produk yang dipasarkan. Dengan demikian pelanggan mau dan rela untuk kembali menikmati apa yang ditawarkan oleh perusahaan dan menjadi pelanggan yang setia. Distribusi kualitas khususnya di bidang jasa memerlukan keahlian tertentu. Oleh karena itu karyawan-karyawan perlu memberikan perhatian penuh kepada konsumen dalam melakukan distribusi barang.

Salah satu masalah utama yang yagn mempengaruhi pemasaran adalah jumlah saingan di dalam pasar yang begitu banyak terutama pada produk sejenis bahkan produk lain. Hal tersebut merupakan tanggung jawab besar yang harus dimenangkan oleh suatu perusahaan jika ingin tetap eksis didalam persaingan bisnis. Persaingan yang semakin tajam dan perubahan-perubahan yang terus terjadi harus dapat dijadikan pelajaran oleh manajemen pemasaran agar dapat secara proaktif mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi baik untuk masa sekarang dan akan datang. Oleh karena itu, dalam makalah ini akan dibahas mengenai apa itu konsep pemasaran dan konsep bauran pemasaran serta bagaimana strategi dan taktik pemasaran yang baik dan benar.

A. Konsep Pemasaran

Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan  dan mencapai target pasar serta tujuan perusahaan.
Beberapa definisi mengenai pemasaran menurut para ahli diantaranya adalah:
  1. Philip Kotler menyebutkan pemasaran (marketing) adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
  2. Philip Kotler dan Amstrong mengatakan pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
  3. Menurut W Stanton, pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
Konsep Pemasaran adalah falsafah bisnis dimana kepuasan konsumen merupakan suatu syarat ekonomi maupun sosial bagi keberlangsungan perusahaan yang berkaitan (Stanton, 1978). Konsep pemasaran terdiri dari 3 unsur yakni: pengenalan pada konsumen/pelanggan, penyusunan kegiatan pemasaran secara integral dan kepuasan konsumen/pelanggan.
Konsep-konsep inti terdiri dari beberapa bagian yakni nilai dan kepuasan, kebutuhan, keinginan, permintaan, pertukaran, produksi, utilitas, transaksi dan hubungan pasar, serta pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan merupakan suatu keadaan dimana ketiadaan kepuasan dirasakan. Keinginan merupakan kehendak yang spesifik terhadap kebutuhan tertentu. Sedangkan permintaan merupakan keinginan dalam memiliki suatu produk yang spesifik dengan daya kemampuan untuk memilikinya. Dalam pemasaran terdapat lima konsep pemasaran yang mendasari cara organisasi melakukan kegiatan pemasarannya, yakni sebagai berikut:
Posted in:
Articles by:
Published: