shadow

Cara Membuat Bibit Pepaya California

Cara Membuat Bibit Pepaya California

Cara Membuat Bibit Pepaya CaliforniaCara Membuat Bibit Pepaya California

Cara membuat bibit Pepaya California ini adalah artikel yang saya buat untuk memudahkan teman-teman dalam membuat bibit sendiri. Membuat bibit papaya California secara mandiri memberikan banyak keuntungan. Salah satunya adalah lebih murah dibanding membeli bibit dari toko.
Ada beberapa hal yang perlu dikuasai dalam membuat bibit, khususnya dalam hal proses pengkecambahan. Bagi yang sudah terbiasa membuat bibit, hal ini bukanlah masalah. Namun bagi yang belum tahu, mungkin tips berikut ini bisa dipakai.
1. Ambil benih dari dalam kemasan, atau benih buatan sendiri yang telah dikeringkan. Rendam dalam air bersih kurang lebih selama 1 malam. Setelah itu, tambahkan dengan cairan perangsang pertumbuhan tanaman. Cairan ini bisa diperoleh di beberapa toko pertanian. Cairan perangsang ini bisa digunakan pada benih yang sudah berusia lama. Kalau benih baru, maka tidak perlu.
2. Ketika sudah diberi cairan perangsang, selanjutnya benih bisa mulai ditanam ke dalam polibag. Satu (1) polibag bias diisi dengan 2 atau 3 biji benih. Tujuannya supaya ketika 1 benih tidak tumbuh, maka masih ada benih lain yang diharapkan bisa tumbuh. Ini yang namanya efisiensi media dan waktu.
3. Tempatkan polibag pada tempat yang teduh namun tetap ada sinar matahari. Tempat ini bisa kita siasati dengan membuat kandang bibit.
4. Sirami benih yang sudah ditanam dalam polibag secara rutin, pagi dan sore. Biasanya dalam waktu 2-3 hari tunas sudah mulai muncul. Dan 1 minggu bibit sudah mengeluarkan 2 atau 3 daun. Teruslah siram secara rutin hingga bibit berusia besar, sekitar 1 atau 2 bulan. Setelah itu bibit bisa dipindah ke lahan.

Jual bibit papaya California di Purwokerto

Sebenarnya biji pepaya california bisa langsung ditanam di pekarangan atau di kebun tanpa harus melalui proses perendaman dan pembibitan dalam polibag. Untuk kebun skala kecil hal ini tidak masalah.
Untuk kebun skala besar, di atas 300 pohon, maka proses pembibitan dan seleksi bibit perlu dilakukan supaya pohon yang tumbuh adalah pohon yang berkualitas. Bayangkan apabila kita memiliki lahan sekitar 2 hektar, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menanam biji secara langsung. Belum lagi ketika masalah lain muncul, yaitu biji tidak mau tumbuh. Maka kita harus memulai lagi dari awal, menanam biji lagi ke bagian lahan yang tidak tumbuh.
Masalah lainnya yaitu ketika bibit yang masih kecil baru tumbuh, ada kemungkinan ia bisa dimakan serangga atau hama. Bibit juga belum kuat menghadapi cuaca yang masih belum menentu.
Harus diketahui juga bahwa proses pembibitan pepaya california memakan waktu sekitar 1-2 bulan. Maka sebelum proses pengolahan lahan, bibit ini harus disiapkan dari awal.
Apabila lahan sudah terlanjut siap, cuaca mendukung untuk ditanami, maka kami bisa membantu penyediaan bibit. Bibit pepaya california dikirim langsung dari Purwokerto, Jawa Tengah.

Bibit pepaya California siap tanam
Menanam pepaya di halaman rumah
Bagi yang ingin menanam pohon pepaya california di halaman atau pekarangan rumah, dalam hal ini adalah lahan sempit, maka biji bisa langsung kita tanam tanpa perlu proses pembibitan dalam polibag.
Apabila tetap ingin membuat bibit dalam polibag, maka kita bisa menggunakan sampah plastik bekas Indomie, sampah gelas minuman kemasan, atau sampah bekas minyak goreng (pouch). Setelah bibit berusia 1 atau 1,5 bulan, selanjutnya kita pindahkan ke lahan. Jangan lupa siram setiap hari.

Sumber: https://konveksipekanbaru.co.id/vakum-di-smartphone-ini-penjelasan-acer/

 

Posted in:
Articles by:
Published: