shadow

Jenis Jeruk Dan Manfaatnya

Jenis Jeruk Dan Manfaatnya

Jenis Jeruk Dan ManfaatnyaJenis Jeruk Dan Manfaatnya

Jenis Ciri-ciri Manfaat

Jeruk Bali
Kulit buahnya tebal, lunak, berwarna hijau pucat, isi dari buahnya berwarna merah, rasanya manis, dan banyak airnya. Kulit buahnya dapat menghaluskan kulit, dengan menggosokkan nya pada kulit. Diantara jenis jeruk, jeruk kingking mempunyai bentuk terkecil. Disaat masih muda berwarna hijau tua, namun apabila sudah tua berwarna merah.
Jeruk Keprok
Berwarna kuning atau orange, di sekitar tangkai agak menonjol namun berkerut, kulitnya mudah dikupas, juringnya mudah dipisahkan, di bagian bawah agak menonjol kedalam, rasanya cukup manis.
Menurunkan suhu badan yang berlebihan.
Menurunkan tekanan darah tinggi.
Berpengaruh pada syaraf pusat.
Mencegah penyakit yang disebabkan kekurangan Vitamin A, B1, dan C.
Jeruk Kingking
Diantara jenis jeruk, jeruk kingking mempunyai bentuk terkecil. Disaat masih muda berwarna hijau tua, namun apabila sudah tua berwarna merah.
Daunnya sebagai obat mencret.
Buahnya dipakai sebagai bahan obat batuk
Air buahnya juga lazim dipakai sebagai penkilat kuku.
Jeruk Manis
Jeruk ini apabila matang dipohon berwarna hijau kekuning-kuningan. Di berbagai jenis jeruk , jeruk inilah yang paling kaya Vitamin C. Kulitnya sukar dikupas sehingga untuk mendapatkan airnya ,jeruk ini harus dibelah dengan pisau kemudian diperas. Karena kaya Vitamin C, jeruk manis baik sekali untuk mereka yang terkena penyakit kudis dan gusi berdarah. Selain itu, juga baik bagi kesehatan kulit dan mulut.
Jeruk Purut
Buahnya berwarna hijau tua, kulitnya penuh keriput, bentuknya agak kecil. Satu lembar daunnya seolah-olah dua helai. Untuk bagian daun
Penyedap masakan atau kue.
Sebagai campuran pengharum.
Bermanfaat untuk penghitam rambut.
Untuk bagian buahnya
Untuk obat batuk.
Penyedap masakan.
Jeruk Nipis
Warnanya ada yang hijau dan hijau kekuning-kuningan, apa bila sudah ranum benar berwarna kuning sama sekali dan rasanya sangat asam.
Menambah selera makan.
Untuk obat batuk.
Menurunkan suhu badan yang tinggi.

RECENT POSTS

Posted in:
Articles by:
Published: