shadow

Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Apel

Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Apel

Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah ApelKandungan Gizi Dan Manfaat Buah Apel

Apel atau dalam bahasa latinnya disebut malus domestica merupakan salah satu buah yang identik dengan warna kulit buah yang merah. Hampir semua orang tentu sudah tak asing lagi dengan bentuk dan rasa apel itu sendiri. Buah apel ini banyak tersedia di pasar, supermarket bahkan tempat perbelanjaan yang lebih besar. Apel adalah buah yang pada mulanya berasal dari Asia Tengah, namun seiring dengan perkembangannya buah apel saat ini sudah tersebar merata keseluruh Dunia.

Kandungan Nutrisi Buah Apel
Karena apel digolongkan ke dalam jenis buah-buahan, maka sudah barang tentu apel mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang sangat berperan penting untuk meningkatkan kualitas kesehatan.

Berikut adalah kandungan nutrisi yang terdapat pada buah apel per 100 gram:

Air : 84,1g
Kalori (kal) : 58g
Kalsium : 6g
Lemak : 04g
Protein : 03g
Vitamin A : 90g
Vitamin C : 5g
Zat Besi : 0,3g
Dan masih banyak lagi.
Manfaat Buah Apel
Berdasarkan fakta yang telah teruji kebenarannya, buah-buahan memang mampu mencukupi kebutuhan nutrisi, vitamin serta serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak mengherankan, masyarakat modern pada zaman sekarang ini selalu menambahkan berbagai macam buah dalam menu hariannya tak terkecuali dengan buah apel ini. Diantara sekian banyak manfaat buah apel, hanya sebagian kecil saja yang bisa kami sebutkan disini, yaitu:

• Menangkal radikal bebas
Pada kulitnya, apel dapat memproduksi zat bernama kuersetin. Zat kuersetin adalah sejenis zat yang berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas dan juga dapat berfungsi untuk melawan penuaan dini.

• Mencegah dehidrasi
Buah apel dapat bermanfaat untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. 85% kandungan buah apel terdiri dari air. Dengan mengkonsumsi apel, Anda dapat terhindar dari dehidrasi.

• Mencegah diabetes
Hal Ini dikarenakan, kulit apel memiliki kandungan senyawa fenolik. Untuk itulah disarankan, untuk mencuci terlebih dahulu dengan air yang mengalir, sebelum Anda makan buah apel beserta kulitnya.

• Mencegah diare dan sembelit
Manfaat buah apel juga dapat untuk mencegah penyakit pada sistem pencernaan seperti diare dan sembelit. Kandungan serat pada apel yang tinggi mampu untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Sehingga dapat mengatasi gangguan sistem pencernaan seperti diare maupun sembelit.

• Mencegah serangan jantung
Apel dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Hal ini dikarenakan apel dapat mencegah kolesterol dalam tubuh.

• Mengurangi resiko serangan kanker
Manfaat bauh apel salah satunya dapt untuk mencegah serangan kanker. Hal ini dikarenakan, kandungan yang bernama flavonoid yang dapat bermanfaat untuk menangkal berbagai jenis serangan kanker yang sewaktu-waktu dapat menyerang tubuh Anda.

Sumber: https://ijateng.id/kapan-indonesia-siap-5g/

Posted in:
Articles by:
Published: