shadow

Membuat Lontong Daun Pisang Agar Padat Kenyal dan Lembut

Membuat Lontong Daun Pisang Agar Padat Kenyal dan Lembut

Cara tradisional membuat lontong dengan menggunakan daun pisang sebagai bungkusnya akan menghasilkan lontong dengan tekstur yang lembut namun kenyal dan padat tanpa berbulir nasi yang harum tentunya akan mudah kita dapatkan.

Memang terdapat banyak cara dan berbeda tips dalam membuat lontong daun pisang. Selain langsung dari beras juga bisa diaron terlebih dahulu untuk menghemat waktu, bahkan bisa juga dimasak menggunakan panci presto.

Membuat lontong daun pisang langsung dari beras yang menggunakan panci biasa memang memerlukan waktu yang lumayan lama agar benar-benar padat dan kering, serta hasilnya tidak cepat basi. Karena memiliki rasa dan aroma yang khas, maka lontong resep ala tradisional ini masih sering diterapkan dalam melengkapi sajian lebaran idul fitri maupun hari raya idul adha di rumah.

Lontong paling enak disajikan bersama kuah yang hangat, bermacam variasi seperti kuah lotong labu siam ataupun sayur ketupat opor ayam merupakan beberapa pasangan yang sangat ideal.

Bahan membuat lontong :

600 gram beras yang sedang pulennya
2 lembar daun pandan
Air untuk merendam secukupnya
Daun pisang secukupnya, bakar sebentar di atas api atau dijemur agar lemas
Lidi secukupnya dipotong-potong runcing
Air untuk merebus lontong secukupnya
Cara membuat lontong dengan panduan gambar :
1. Beras yang sudah dicuci bersih selanjutnya kita rendam dengan air secukupnya hingga beras terendam, rendam selama 2 jam kemudian tiriskan.

Cara Membuat Lontong
2. Gulung setiap lembaran potongan daun pisang (posisi daun bisa dibalik serta boleh juga ditumpuk dua bila perlu), lalu lipat salah satu ujungnya serta semat dengan lidi.
Cara membungkus Lontong Daun Pisang
3. Masukkan beras setengah dari ukuran panjang lontong, lalu lipat dan semat dengan lidi di ujung yang satu lagi. Lakukan hingga semua bahan habis.
Merebus Lontong
4. Isi panci rebusan dengan takaran air secukupnya agar lontongnya bisa terendam seluruhnya dengan lontong dalam posisi berdiri. Waktu merebusnya bisa mencapai 7 jam atau hingga benar-benar matang agar hasilnya padat kenyal dan lembut. Tutup panci dan saat merebus tambahkan air jika sudah berkurang, bisa sampai tiga kali nambah air.

Setelah matang, lalu angkat lontong daun pisang dan tiriskan sampai benar-benar tiris sambil membiarkannya hingga dingin. Lontong akan lebih tahan lama jika kita simpan di kulkas.

RECENT POSTS

Posted in:
Articles by:
Published: