shadow

Pengertian dan Sejarah Sepak Bola

Olahraga sebagai suatu kegiatan atau kegiatan yang wajib dilakukan oleh semua pihak yang menganggap olah raga penting untuk kesehatan tubuh. Tentunya setiap orang menginginkan tubuh yang baik dan sehat. Dengan kondisi Anda yang baik dan sehat, setiap orang dapat melakukan aktivitas dengan sebaik-baiknya. Berbagai macam olahraga yang sering kita dengar atau ketahui bisa kita lakukan.

Tetapi banyak olahraga yang tidak bisa dilakukan karena berbagai jenis faktor internal dan eksternal. Salah satu cabang olahraga yang selama ini kita kenal dan juga menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan adalah sepak bola.

Sepak bola adalah permainan yang dimainkan dengan cara melempar bola secara terus menerus ke dalam pertarungan antar pemain yang bertujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan melindungi gawangnya agar tidak masuk ke dalam bola. Dalam pertandingan sepak bola, setiap pemain diperbolehkan menggunakan seluruh tubuhnya dengan menggunakan tangan dan lengannya.

Hanya kiper atau penjaga gawang yang diperbolehkan memainkan bola dengan kaki dan tangannya. Sepak bola adalah permainan kedua di mana setiap tim memiliki sebelas pemain. Permainan bola dilihat dalam dua adegan (2 × 45 menit) dengan waktu istirahat (10 menit) di antara kedua adegan tersebut.

Skor gol adalah target masing-masing skuad. Gol sebelas yang jelas sebagai juara kesebelas dapat memasukkan bola menjadi lebih banyak gol dan bola masuk lebih sedikit jika dibandingkan dengan lawannya. (Sumber: blog.malavida.co.id)

Table of Contents

Sejarah Sepak Bola

Menurut beberapa catatan sejarah, sepak bola pada tahun 5.000 SM disebut sepak bola dengan nama tsu chu. Saat itu sepak bola digunakan sebagai bentuk latihan fisik bagi tentara, dan sebagai acara pada hari ulang tahun kaisar.

Antara 2.000 tahun berikutnya atau sekitar 3.000 SM, ada pula rekor sejarah sepakbola dunia yang mencatatkan permainan ini sebelum dimainkan oleh masyarakat Jepang yang dinamakan dengan istilah KEMARI.

Setelah itu terdapat beberapa catatan sejarah sepak bola di dunia, yaitu pada tahun 2.500 SM, dimana bangsa Mesir kuno melakukan ritual keagamaan kuno yang mirip dengan permainan sepak bola.

Kemudian pada tahun 600 M sampai 1600 M permainan sepak bola yang dimainkan oleh masyarakat Amerika Tengah dan Meksiko hingga negara-negara Eropa tengah lainnya mulai dimainkan. Apakah sepak bola masih merupakan kombinasi dari sepak bola, bola voli dan bola basket, permainan ini lebih seperti rugby.

Pada tahun 1820-1863 aturan sepak bola yang kita kenal sekarang mulai tergores. Dan akhirnya pada tahun 1863 didirikan asosiasi sepak bola dunia pertama di Inggris, asosiasi sepak bola Inggris tersebut dikenal dengan nama FA. Pembentukan asosiasi ini diawali dengan perbedaan pendapat tentang peraturan dan program sepak bola sebelumnya, sepak bola menggunakan tangan dengan rugby dan sepak bola dengan kaki yang dikenal dengan istilah sepak bola dan akhirnya didirikan federasi sepak bola dunia pada tahun 1904 dengan nama FIFA, yang tergabung dalam Perancis, Denmark, Belgia, Belanda, Swiss, Spanyol dan Swedia. Setelah berdiri selama 26 tahun untuk FIFA, baru pada tahun 1930 Uruguay kejuaraan sepak bola internasional di Uruguay dengan Italia menjadi juara.