shadow

Tanda-Tanda Akan Adanya Angin Puting Beliung

Tanda-Tanda Akan Adanya Angin Puting Beliung

Tanda-Tanda Akan Adanya Angin Puting BeliungTanda-Tanda Akan Adanya Angin Puting Beliung

v  Satu hari sebelumnya udaranya panas pada malam hari- pagi hari

v  Pagi hari terlihat tumbuh awan cumulus(awan berlapis-lapis) diantara awan tersebut ada satu jenis awan yang mempunyai batas tepinya sangat jelas berwarna abu-abu menjulang tinggi seperti bunga kol

v  Tahap berikutnya adalah awan tersebut akan cepat berubah warna menjadi hitam gelap.

v  Perhatikan perpohonan, apakah ada dahan atau ranting yang sudah bergoyang cepat, jika ada maka hujan dan angin kencang sudah akan datang.

v  Terasa akan ada sentuhan udara dingin disekitar kita

v  Biasanya hujan yang pertama kali turun adalah hujan tiba-tiba dengan deras, apabila hujannya gerimis maka kejadian angin kencang jauh dari linkungan kita berdiri.

v  Terdengar sambaran petir yang cukup keras, apabila indikator tersebut dirasakan oleh kita maka ada kemungkinan hujan lebat+petir dan angin kencang akan terjadi

v  Jika 1 atau 3 hari berturut-turut tidak ada hujan pada musim penghujan, maka ada kemungkinan hujan deras yang pertama kali turun di ikuti angin kencang baik yang masuk dalam kategori puting beliung maupun tidak.

2.3.3.      Penyebab Terjadinya Angin Puting Beliung

Proses terjadinya puting beliung sangat terkait erat dengan fase tumbuh awan Cumulonimbus (Cb). Fase Tumbuh ,Dalam awan terjadi arus udara naik ke atas yang kuat. Hujan belum turun, titik-titik air maupun Kristal es masih tertahan oleh arus udara yang naik ke atas puncak awan.

Biasanya terjadi pada musim pancaroba pada siang hari suhu udara panas, pengap, dan awan hitam mengumpul, akibat radiasi matahari di siang hari tumbuh awan secara vertikal, selanjutnya di dalam awan tersebut terjadi pergolakan arus udara naik dan turun dengan kecepatan yang cukup tinggi. Arus udara yang turun dengan kecepatan yang tinggi menghembus ke permukaan bumi secara tiba-tiba dan berjalan secara acak.

Sumber :

https://deevalemon.co.id/