shadow

Inflasi Disebabkan Oleh Sektor Swasta

Pengertian Inflasi

Pengertian, Penyebab, Jenis, dan Dampak Inflasi

Pengertian Inflasi
Inflasi adalah gejala – gejala kenaikan harga barang – barang yang sifatnya itu umum dan terus – menerus. Dapat disebut inflasi jika ada tiga faktor, yaitu kenaikan harga, sifatnya umum, dan berlangsung terus – menerus.
A. Kenaikan Harga
Harga barang dapat di katakan naik jika harganya enjadi tinggi dari harga sebelunya. Contohnya harga cabai Rp 30.000 / kg pada minggu lalu, sedangkan pada minggu ini harga cabai rawit menjadi Rp. 90.000 / kg lebih mahal dari minggu kemarin.

B. Sifatnya Umum
Kenaikan harga suatu barang tidak dapat di katakan inflasi jika naiknya barang tersebut tidak menyebabkan harga – harga secara umum. Contohnya, apabila harga BBM naik maka tarif angkatan umum, bahan – bahan pokok menjadi naik ini baru dapat disebut inflasi.

C. Berlangsung Terus – Menerus
Naiknya harga suatu barang tidak dapat di katakan inflasi jika naiknya tersebut terjadinya hanya sesat, inflasi itu dilakukan dalam rentang minimal bulanan.

Penyebab Inflasi
Inflasi di setiap negara disebabkan oleh faktor yang berbeda – beda. Beberapa penyebab inflasi diantaranya bisa disebabkan oleh sektor ekspor – impor, tabungan atau investasi, pengeluaran dan penerimaan negara, sektor pemerintah dan swasta. untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa uraian berikut.

A. Inflasi Disebabkan Oleh Sektor Ekspor – Impor
Jika ekspor suatu negara lebih besar daripada impor, akan mengakibatkan terjadinya tekanan inflasi, tekanan inflasi terjadi karena semakin besar jumlah uang yang beredar di dalam negeri akibat penerimaan devisa.

B. Inflasi Disebabkan Oleh Sektor Penerimaan Dan Pengeluaran Negara
Sektor penerimaan dan pengeluaran suatu negara yang defisit menjadi penyebab inflasi. Karena pengeluaran pemerintah lebih besar dari penerimaannya, maka untuk menutupi keadaan tersebut akan dilakukan dengan mengeluarkan uang baru, pengeluaran uang baru menimbulkan tekanan inflasi.

C. Inflasi Disebabkan Oleh Sektor Swasta
Pengeluaran kredit dalam jumlah yang cukup besar untuk memenuhi permintaan kredit swasta dapat juga menyebabkan terjadinya inflasi.

Dari penyebab inflasi di atas dapat kita simpulkan bahwa pengendalian jumlah uang yang beredar di masyarakat dan keseimbangan antara permintaan dan penawaran barang merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menekan inflasi.

Sumber: https://wisatalembang.co.id/

Posted in:
Articles by:
Published: