shadow

Kelebihan Akuntansi Dana

Mungkin banyak yang belum tahu tentang akuntansi dana, jadi cari tahu dulu tentang akuntansi dana. Akuntansi dana merupakan salah satu jenis akuntansi yang termasuk dalam bidang akuntansi yang sering digunakan oleh organisasi nonprofit dan lembaga sektor publik (pemerintah). Sistem ini digunakan untuk mencatat dan menampilkan entitas dalam akuntansi seperti aset dan kewajiban sesuai dengan kegunaannya masing-masing.

Akuntansi pendanaan menggunakan metode pelaporan neraca khusus yang mencerminkan arus keuangan / kelembagaan sesuai dengan prinsip prinsip akuntansi. Metode pelaporan ini berbeda dengan laporan neraca akhir yang biasa digunakan oleh sektor usaha / perusahaan yang memperoleh atau kehilangan pendapatan selama periode akuntansi (1 tahun).

Organisasi bisnis atau perusahaan hanya memiliki satu cara untuk mencatat akun langsung atau buku besar (buku besar). Sedangkan sektor nonprofit dapat memiliki beberapa jenis buku besar sesuai dengan kebutuhannya yang dapat dipersepsikan sebagai manfaat akuntansi keuangan.

Manajer bisnis dari organisasi sektor publik harus dapat membaca laporan keuangan yang menjelaskan penarikan dan pendapatan serta laporan dengan ringkasan kegiatan keuangan terkait dengan alokasi dan penggunaan dana. Keragaman fungsi buku besar ini menyebabkan angka-angka ini dihidupkan kembali sesuai kebutuhan. Setiap kelompok pengganda menunjukkan alokasi dana tertentu.

Organisasi nonprofit dan konsumen yang menggunakan dana akuntansi (dana akuntansi) untuk dana yang terikat atau dibatasi penggunaannya (dana terbatas) untuk tujuan akuntansi. Variasi ini merupakan keunggulan dana akuntansi. Sumber: blog.malavida.co.id

1. Memiliki Persamaan Dasar yang Unik

Keuntungan pertama dari akuntansi dana adalah ia memiliki persamaan akuntansi dasar yang unik, sebagai berikut. (lihat: contoh persamaan akuntansi dasar)

AKTIVITAS = kewajiban + dana PANDUAN

Persamaan kebijakan akuntansi dana berbeda dengan persamaan akuntansi umum yang biasa digunakan oleh perusahaan komersial di bawah ini.

AKTIVITAS = kewajiban + persamaan

Perbedaan mendasar dalam ekuitas dana dan ekuitas dalam berbagai jenis akuntansi. Dalam perusahaan komersial, perbedaan antara aset dan hutang adalah ekuitas yang menjelaskan kepemilikan saham perusahaan. Sedangkan untuk organisasi sektor publik, dana ekuitas tidak berbagi kepemilikan saham siapa pun karena tidak ada kepemilikan individu dalam organisasi sektor komunitas. (lihat: memahami persamaan akuntansi dasar)

2. Dasar-dasar Memiliki Akuntansi dan Pengukuran Fokus

Akuntansi dana memiliki basis akuntansi dan fokus pengukuran. Akuntansi dasar umumnya digunakan untuk menentukan waktu transaksi dan peristiwa yang terjadi. Sebagai contoh, organisasi yang menggunakan basis akrual penuh, transaksi tersebut diakui sebagai kompilasi dari transaksi ekonomi yang substansial. Yang dianut adalah cash basis yang hanya akan diakui jika uang yang terkait dengan satu transaksi diterima atau dibayarkan.

Tautan Sponsor

3. Fokus pada Neraca

Entitas harus menggunakan aset dan kewajiban jangka panjang di neraca mereka dan harus melakukan kontrol akuntansi atas aset dan kewajiban mereka. Manajemen dan konstitusi lainnya mungkin ingin menggunakan semua sumber daya dan kewajiban entitas ini. People management tidak hanya ingin mengetahui syarat-syarat aset dan kewajiban di neraca. Entitas harus membuat catatan akuntansi atas semua aset dan tanggung jawab, laporan keuangan juga harus dibuat dengan jadwal yang tidak hanya mencerminkan aset dan kewajiban yang mencerminkan perubahan selama tahun berjalan.

Setelah memahami manfaat pendanaan dengan akuntansi melalui karakteristik organisasi sektor masyarakat, pembaca akan lebih mudah mempelajari ruang lingkup akuntansi sektor publik dan tujuan akuntansi sektor publik secara lebih mendalam.