shadow

Kehidupan Selepas Bersalin

Setelah menunggu beberapa bulan, bertemu bayi pertama Anda akan menjadi salah satu pengalaman paling efektif dalam hidup Anda.

Selain adaptasi yang baik menjadi orang tua, Anda mungkin akan mengalami gejala fisik dan emosional yang baru dimulai setelah bayi lahir. Gejala ini mungkin tidak sama dengan yang Anda alami sebelumnya.

Gejala paling umum yang Anda alami setelah melahirkan adalah keputihan yang disebut lokia. Pelepasan darah ini mirip dengan menstruasi dan bisa bertahan hingga 8 minggu setelah lahir.

Mereka juga biasanya mengalami sensasi kram rahim ketika rahim menyusut kembali sebelum kehamilan.

Gejala lain akan berbeda-beda pada setiap orang, tergantung pada metode kelahiran dan apa yang Anda akan menyusui. Gejalanya meliputi:

  • berdarah
  • melepaskan
  • dada bengkak
  • nyeri rahim

Banyak yang tidak yakin dengan apa yang diharapkan dan bertanya-tanya apa yang dianggap “normal” setelah melahirkan. Banyak orang sembuh setelah melahirkan.

Namun, ada beberapa komplikasi dan gejala yang kurang umum yang perlu Anda waspadai.

Menuju rumah setelah melahirkan

Berapa lama Anda tinggal di rumah sakit tergantung pada pengalaman melahirkan Anda. Beberapa Negara Tanah Air memperbolehkan orang yang melahirkan bayi tanpa obat bisa keluar di hari yang sama saat dilahirkan.

Namun, kebanyakan rumah sakit membutuhkan minimal 1 malam. Orang yang lahir sesar harus tinggal di rumah sakit sampai 3 malam, kecuali jika ada komplikasi lain.

Ketika Anda berada di rumah sakit, Anda akan memiliki akses ke dokter anak Anda, konsultan perawat dan ibu menyusui. Setiap orang akan memiliki banyak informasi dan nasihat untuk Anda tentang perjalanan fisik dan emosional Anda yang akan datang.

Coba manfaatkan kesempatan ini untuk bertanya tentang perubahan tubuh pasca melahirkan dan menyusui.

Rumah sakit dengan unit persalinan dan kelahiran memiliki kamar bayi di mana bayi Anda akan dipantau dan dijaga kebersihannya. Saat tergoda untuk merawat bayi Anda 24/7, gunakan sumber daya ini untuk mencoba bersantai, jika Anda bisa.

Banyak rumah sakit mengharuskan Anda buang air besar sebelum meninggalkan fasilitas ini. Anda akan ditawari pelunak feses pasca melahirkan untuk menghilangkan rasa sakit saat buang air besar pertama setelah melahirkan.

Jika Anda menunjukkan tanda-tanda infeksi, seperti demam, Anda harus tetap berada di area tersebut sampai gejalanya hilang. Bidan atau dokter bersalin boleh mencoba sebentar sebelum berangkat, hanya untuk memastikan Anda sudah memulai proses penyembuhan.

Jika Anda memilih melahirkan di rumah, bidan akan menjadi pengawas utama perawatan nifas. Bidan akan memeriksa Anda dan bayi Anda untuk memastikan bahwa semua orang sehat dengan pemeriksaan rutin beberapa minggu setelah lahir.

Baca juga: